Desa Diminta Cermat Susun RKPDes

80
Shofyan - Camat Candipuro Wasidi, SE, saat membuka kegiatan Musdes Rantauminyak, Kecamatan Candipuro, di balai desa setempat, dalam rangka persiapan menyusun RKPDes tahun anggaran 2021.

CANDIPURO – Menghadapi penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa RKPDes tahun 2021, Camat Candipuro Wasidi, SE mengimbau seluruh Pemerintahan Desa (Pemdes) diwilayah kerjanya, lebih cakap dan cermat dalam menyusun kerangka kerja.

Hal itu dikatakan oleh Camat Candipuro Wasidi, SE kepada Radar Lamsel, usai menghadiri Musywarah Desa (Musdes) dibalai  Desa Rantauminyak, kecamatan setempat, Kamis (6/8), dalam rangka menyusun RKPDes tahun anggaran 2021.

Kemudian lanjutnya Wasidi, untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan desa, pihaknya pun mendorong Pemdes dalam  penetapannya, harus berdasarkan kajian terhadap masalah, kebutuhan dan sumber daya yang tersedia.

” Dalam kontek penyusunan rencana pembangunan, sangat penting bagi pemerintah desa, memiliki kerangka berpikir sistematis, terarah dan terukur demi mewujudkan masyarakat desa yang mandiri dan sejahtera serta berkeadilan,” ujarnya.

Dikesempatan itu, ada beberapa materi yang dilakukan pencermatan ulang, diantaranya ia menyebut, program Rencana Pembangunan Jangka Menegah Desa (RPJMDes) dan RKPDes tahun 2021. Sebelum, memasuki tahapan penyepakatan hasil pencermatan dokumen, dan pembentukan tim verifikasi sesuai kegiatan.

” Secara umum beberapa tujuan Musdes ini, antara lain, menerapkan pola perencanaan pembangunan desa secara Partisipatif. Melibatkan, keberdayaan masyarakat. Agar seluruh warga desa dapat terlibat dalam proses pembangunan dengan kemampuan, kesempatan dan kecepatan yang profesional,” terangnya.

BACA :  Pengerahan Massa Pilkada Dibatasi 100 Orang

Sejauh ini kata dia lagi, baru tiga desa di Kecamatan Candipuro telah melaksanakan Musdes dalam rangka menghadapi penyusunan RKPDes.
Secara bertahap kegiatan akan menyasar ke seluruh desa di Candipuro.

” Baru tiga desa yakni, Desa Titiwangi, Banyumas dan Rantauminyak, yang telah melaksanakan Musdes. Melalui Musdes ini, kami berharap terciptanya kecakapan Pemdes dalam menyusun RKPDes, sesuai SDA dan SDM dan bertumpu pada peraturan,” tukasnya.

Hadir dalan kegiatan, Camat Candipuro Wasidi, SE dan jajaran, Kepala Desa Rantauminyak Wartono, koordinator pendamping desa kecamatan serta perwakikan masyarakat sekitar.

 

Di bagian lain,Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo menggelar Musyawarah Desa (Musdes) bersama masyarakat dibalai desa setempat, beum lama ini.

Kepala Desa Sukamarga Sidiantori mengatakan, Muswarah Desa (Musdesus) digelar dalam kurun waktu satu tahun sekali. Pada perinsipnya, bertujuan untuk melihat sebuah persoalan pembangunan dari berbagai sudut pandang dengan melibatkan partispasi unsur masyarakat di desa.

” Pada prinsipnya, Musdesus ini membahas sebuah persoalan pembangunan di desa, yang sifatnya strategis. Dengan menyerap aspirasi masyarakat didesa,” ungkapnya kepada Radar Lamsel dikantornya, Kamis (6/8).

BACA :  Praktik Kotor Pengecor, Disdagperin Diam

Melalui musyawarah desa lanjutnya, keputusan yang dihasilkan sesuai dengan standar dan persepsi mewakili seluruh masyarakat.

Sehingga, keputusan yang diperoleh dengan musyawarah akan lebih berbobot. Karena didalamnya terdapat pendapat serta pemikiran dari berbagai unsur terkait didesa.

” Sehingga, ketika memasuki tahapan pelaksanaan pembangunan nanti, keputusan terkait rencana pembangunan didesa ini, dapat diterima dan dijalankan oleh semua lapisan masyarakat dengan penuh tanggung jawab,” terangnya.

Kegiatan Musdes Rencana Kegiatan Pembangunan Desa RKPDesa Sukamarga tahun 2021, diantaranya melanjutkan program pembangunan insfrastruktur jalan penghubung dusun didesa.

” Dimana, pelaksanaan pembangunannya sempat tertunda ditahun 2020, karena adanya refokusing anggaran untuk penanganan Covid-19 di desa,” kata dia.

Kepala Desa Sukamarga itu berharap, wabah Covid-19 ini segera berakhir. Agar kegiatan pelaksanaan pembangunan insfrastuktur yang telah masuk dalam sekala prioritas didesa, yang sempat tertunda, dapat  segera dilaksnakan.

” Kami berharap pandemi gelobal ini segera berakhir, demi terwujudnya pelaksanaan pembangunan insfrastruktur yang merata menyentuh masyatakat di pelosok dusun,” harapnya.(CW2)