Desa Kedaton Dirikan Wardes

821
Iwan J Sastra – Camat Kalianda Setiawan, AP.M.Si melakukan peletakan batu pertama pembangunan warung desa (Wardes) bersama aparatur Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda, Jumat (11/11), lalu.

KALIANDA – Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda bakal memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diharapkan mampu meningkatkan pendapatan desa dalam rangka menuju desa yang maju dan sejahtera. Jenis usaha yang akan dilakukan BUMDes tersebut adalah Warung Desa (Wardes).

“Semoga pelaksanaan pembangunan Warung Desa (Wardes) Kedaton yang akan dikelola melalui BUMDes ini bisa mewujudkan kesejahteraan pemberdayaan ekonomi yang merata di Kabupaten Lamsel, khususnya diwilayah Desa Kedaton,” ujar Camat Kalianda Setiawan, AP. M.Si kepada Radar Lamsel saat ditemui usai acara peletakan batu pertama pembangunan Warung Desa Kedaton, di lokasi Depan Lapangan Tenis Indoor Kalianda, Jumat (11/11) pagi.

BACA :  Titik Sutriningsih Wait and See

Menurut Setiawan, sesuai dengan konsepnya sebagaimana telah dirancang oleh para aparatur Desa Kedaton, warung desa yang akan dimulai pembangunannya ini, nantinya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa.

“Pengelolaan warung desa ini akan di kelola oleh BUMDes yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi diwilayah Desa Kedaton. Dengan adanya warung desa ini diharapkan mampu menyerap berbagai potensi yang ada, seperti potensi tenaga kerja, potensi produk khas desa sehingga hasilnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Kepala Desa Kedaton M. Syukur menjelaskan, warung desa yang baru dimulai pembangunannya ini merupakan bantuan program Dana Desa Tahun 2016 dari pemerintah pusat.

BACA :  Siap-siap! Kendaraan ODOL Bakal Ditilang

“Kami selaku aparatur Desa Kedaton benar-benar mengharapkan semoga dengan dibangunnya warung desa sebanyak dua unit yang menghabiskan anggaran dana desa sebesar Rp150 juta ini bisa mewujudkan kesejahteraan ekonomi bagi warga desa setempat,” jelasnya.

Dikatakannya, pedagang yang nantinya menempati warung desa ini diharapkan dapat mewujudkan usaha-usaha produktif yang hasilnya diutamakan untuk investasi masa depan. “Untuk tahap awal warung desa ini kami bangun sebanyak dua unit. Ya mudah-mudahan kedepannya bisa terus bertambah, sehingga pertumbuhan perekonomian di wilayah Desa Kedaton akan semakin maju dan berkembang,” pungkasnya. (iwn).

BAGIKAN