Desa Margajasa Bangun Wardes untuk Petani

666

SRAGI – Pemerintah Desa Margajasa, Kecamatan Sragi membangun warung desa (Wardes) di Dusun Marga Jasa 1, Selesa (17/4) kemarin.

Kepala Desa Margajasa Alek Sansu menjelaskan, pembangunan wardes tersebut merupakan himbauan Bupati Lampung Selatan Dr. H. Zainudin Hasan M.Hum dimana setiap desa harus memiliki wardes dengan tujuan meningkatkan pendapatan desa.

“Pembangunan wardes ini menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2018 dengan biaya Rp. 123,9 juta” kata dia kepada Radar Lamsel selepas acara peletakan batu pertama wardes.

Lebih lanjut Alek menjelaskan, Wardes yang diberi nama Sekar Jaya ini di prioritaskan menyediakan kebutuhan petani setempat, terutama menyediakan pupuk subsidi dan obat-obat pertanian.

BACA :  Siap-siap! MPLS SMA 13 Juli

“ Untuk tahap awal Wardes Sekar Jaya akan menyediakan kebutuhan pupuk bersubsidi dengan bekerjasama pihak Bank Lampung karena petani saat ini masih kesulitan mendapatkan pupuk,” ucapnya.

Dia mengatakan, keputusan membangun wardes dengan menyediakan kebutuhan pertanian lebih tepat jika bandingkan wardes Sekar Jaya menjual kebutuhan rumah tangga. Dia mengkhawatirkan akan menghentikan pendapatan warga yang memiliki usaha menjual kebutuhan rumah tangga, “ Kami tidak ingin penghasilan warga yang menjual kebutuhan rumah tangga terhenti. Kalaupun ingin menjual kebutuhan rumah tangga Wardes Sekar Jaya akan menjadi agennya,” sambungnya.

BACA :  Belajar di Rumah Hingga 1 Agustus

Sementara itu Camat Sragi Bibit Purwanto mengatakan, Wardes Mekar jaya merupakan Wardes pertama di Kecamatan Sragi. “Wardes Mekar Jaya adalah yang pertama di Kecamatan Sragi. Semoga ini bisa menjadi pelopor bagi desa lain untuk segera mendirikan Wardes,” ujarnya.

Bibit berharap,Wardes Sekar Jaya dapat menyediakan apa yang menjadai kebutuhan masyarakat dan hasilnya  dapat meningkatkan pendapatan  desa Desa Marga Jasa, “ Dengan adanya wardes, diharapakan hasilnya nanti dapat membantu keuangan desa. Selain itu Wardes dapat menyerap tenaga kerja yang ada di Desa Marga Jasa,” harapnya. (Cw1)