Desa Palasaji dan Rejomulyo Raih Predikat ODF

652

PALAS – Dua desa di Kecamatan Palas kembali meraih predikat Open Difecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan, Jumat (7/9) pekan lalu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas Bambang Priyanto mengatakan, kedua desa tersebut merai predikat ODF setelah mendapat diverifikasi oleh tim verifikasi desa stop buang air besar sembarangan dari Provinsi Lampung.

“Dua desa yang merai predikat ODF yaitu Desa Palasaji dan Rejomulyo setelah di verifikasi oleh tim verifikasi Provinsi Lampung,” kata Bambang kepada Radar Lamsel, pada saat penyerahan sertifikat ODF di Desa Palasaji.

BACA :  Palas Gelar Operasi Yustisi

Bambang menerangkan, Desa Rejomulyo meraih predikat ODF setelah menyelesaikan pembangunan 50 sanitasi BAB kepada keluarga yang kerang mampu. Sedangkan Desa Palasaji menyelsaikan 25 jamban.

“Setiap sanitasi BAB disambangi satu per satu oleh tim verifikasi.  Dan kedua desa terbut dinyatakan mendapat sertifikat ODF,” imbuhnya.

Menurut Bambang, untuk meraih perdikat ODF atau bebas buang air besar sembarangan bukanlah hal yang mudah. Hingga saat untuk wilayah kerja UPT Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas bertambah menjadi 6 desa. Sementara untuk wilayah kerja UPT Pukesmas Rawat Inap Bumi Daya sebanyak 2 desa, yaitu desa Bumi Asri dan Tanjung Jaya.

BACA :  Warga Bumi Restu Ogah Ikut Pilkada

“Meraih perdikat ODF bukanlah hal yang mudah. Aparat desa harus bisa menggerakan kesadaran masyarakat untuk hidap yang lebih bersih.  Hingga saat ini total sebanyak 8 desa di Kecamatan Palas yang telah merai predikat ODF,” pungkasnya. (Cw1)