Desa Pasuruan Punya Kans di Lomba Desa

84
Randy Pratma – Suasa penilaian lomba desa oleh Tim Dinas PMD Lampung Selatan di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Selasa (25/2).

PENENGAHAN – Pemerintah Kecamatan Penengahan optimis bila Desa Pasuruan akan mendapat hasil baik dalam keikutsertaannya di lomba desa tahun ini. Bukan tanpa alasan, keyakinan itu muncul karena Desa Pasuruan sudah dipoles sedemikian rupa untuk memenuhi unsur penilaian yang dilakukan oleh tim dari Dinas PMD Kabupaten Lampung Selatan.

Di mana, tim tersebut melakukan penilaian terhadap sistem pemerintahan desa, kesehatan, pendidikan PAUD, Keluarga Berencana (KB), toga, keamanan lingkungan, trantib, ekonomi desa, inovasi, produk kreatif atau kuliner desa. Penilaian selanjutnya adalah partisipasi masyarakat, gotong royong, kebersihan, TP-PKK, posyandu, dan karang taruna.

Dari sekian banyak bidang tersebut, beberapa di antaranya masuk dalam sorotan tim Dinas PMD. Antara lain keberadaan kampung literasi yang sejauh ini hanya disandang oleh Desa Pasuruan. Kampung ini terbentuk karena kerja keras Sugeng Haryono, tokoh pemuda desa setempat. Selanjutnya tempat pengolahan sampah atau komposter. Dan Pasar Pasuruan yang menjadi lumbung pendapatan asli desa.

BACA :  Pemerintah Kecamatan Penengahan Pasang Bilik Disinfektan

“Visi kita ingin menjadikan Desa Pasuruan sebagai kampung pendidikan karena semua unit sekolah di sini lengkap,” kata Camat Penengahan, Erdiyansyah, S.H.,M.H. kepada Radar Lamsel, Selasa (25/2/2020).

Jika melihat semua bidang yang ada, pria yang akrab siapa Erdi ini menilai Desa Pasuruan layak diperhitungkan. Tak menutup kemungkinan juga desa yang menjadi ibu kota di Kecamatan Penengahan ini bakal masuk nominasi juara dalam lomba desa Kabupaten Lampung Selatan tahun 2020.

BACA :  Pemerintah Kecamatan Penengahan Pasang Bilik Disinfektan

“Tentu kami sangat optimis, ini bukan pengalaman baru bagi Desa Pasuruan. Jadi kami harus belajar bagaimana memperbaiki dan melengkapinya yang belum ada di tahun-tahun lalu,” katanya.

Kepala Dinas PMD, Rohadian, mengatakan kalau Desa Pasuruan memiliki kans untuk masuk dalam nominasi desa pilihan tahun ini.

Meski demikian, pria asli Kecamatan Penengahan enggan berkomentar banyak mengenai hasil penilaian yang telah dilakukan oleh timnya.

“Ya, harapan kita begitu (juara). Tapi nanti ada tim penilai yang memutuskan. Mudah-mudahan masuk nominasi,” katanya. (rnd)