Desa Rejosari Tuntaskan 60 Persen Pembangunan Jalan

359
M Teguh (Kades Rejosari)

2019, Bangun 1,3 Km Jalan Rigid Beton

NATAR – Pemerintah Desa (Pemdes) Rejosari dibawah kepemimpinan M Teguh terus memperlihatkan kemajuan yang signufikan, pemerataan pembangunan di delapan dusun sangat terasa selama empat tahun terakhir. 

Tahun 2019, Dana Desa (DD) digunakan untuk membangun 1.395 meter jalan rigid beton dan Talut Penahan Tanah Penahan Tanah (TPT) meter di Dusun Telogorejo serta pembuatan sumur bor dan penerangan jalan. 

Setiap pembangunan, pihak Desa Rejosari selalu melibatkan seluruh masyarakat baik itu dalam perencanaan maupun saat proses pekerjaan.Pemerataan yang dilakukan Pemerintah Desa Rejosari sudah disepakati bersama sejak Teguh dilantik sebagai Kades Rejosari. “Semua dusun sudah sepakat, pemerataan yang kami maksud satu tahun anggaran satu dusun. Sehingga pembangunannya memuaskan,” tuturnya.

BACA :  3 Pegawai Positif, Puskesmas Tutup 3 Hari

Sejak 2016, pihaknya telah melakukan pembangunan bergilir dibeberapa dusun meskipun tetap ada jatah pembangunan di dusun yang tidak prioritas dalam satu tahun anggarannya. “Misalkan begini, tahun 2018 fokusnya pembangunan di Dusun Titirante dan Banjar tetapi dusun lain juga dapat hanya porsinya tidak besar,” paparnya. 

Sebagai desa yang berada dilingkungan PTPN 7, Desa Rejosari memang sangat mengandalkan DD dan Alokasi Dana Desa (ADD) setiap tahunnya. Apalagi sejak 1978 desa tersebut tidak pernah mendapatkan pembangunan menggunakan dana apapun. “Alhamdulillah ketika saya menjabat kades ada pembangunan di rejosari menggukan APBD Lamsel, kemudian setiap tahunnya juga terbantu oleh DD dan ADD,” kata dia.

BACA :  Pesantren ’Dipukul’ Pandemi

Teguh menambahkan, dari sebelumnya jalan-jalan di Desa Rejosari hanya tanah saat ini 60 persen telah tersentuh pembangunan. “Artinya tinggal 40 persen lagi tugas kami untuk membangun fisik, mudah-mudahan saya bisa menuntaskan pembangunan jalan di Desa Rejosari ini,” pintanya. (Adv)