Desa Sidoasih Siap Dinilai, Siap go Nasional

834

Miliki BUMDes, Website untuk Wujudkan Desa Tangguh dan Mandiri Berbasis IT

KETAPANG – Desa Sidoasih, Kecamatan Ketapang siap go Nasional. Ini setelah seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Lampung Selatan hingga tingkat kecamatan melakukan pembenahan dan pembinaan terhadap tata kelola pemerintahan desa, lingkungan dan pembinaan sumber daya manusia desa setempat.

Pembenahan dan pembinaan diberbagai sektor tersebut dalam rangka persiapan menjelang penilaian lomba desa tingkat provinsi tahun 2017. Sesuai jadwal, Desa Sidoasih, Kecamatan Ketapang sebagai perwakilan Kabupaten Lampung Selatan dalam lomba desa tingkat provinsi akan di nilai besok (hari ini), Selasa (16/5).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan Dulkahar, AP. M.Si menyatakan Desa Sidoasih, Kecamatan Ketapang sudah siap 100 persen untuk dinilai oleh tim penilai dari Provinsi Lampung.

BACA :  Hipni Bidik PAN juga Demokrat

Menurutnya, beberapa sektor yang akan dinilai sudah disiapkan dengan baik oleh Satker yang membidanginya. Bahkan persiapan yang sudah baik itu, dirinya mengaku Desa Sidoasih, Kecamatan Ketapang siap menjuarai lomba desa tingkat provinsi dan layak lolos ke tingkat nasional mewakili Provinsi Lampung.

“Semua satker dan masyarakat saling bahu membahu untuk membenahi semua sektor yang akan dinilai dalam lomba desa nanti. Saat ini persiapannya sudah 100 persen. Dengan persiapan yang sudah kami lakukan, Desa Sidoasih siap mewakili Lampung ketingkat nasional dalam lomba desa tahun 2017,” paparnya.

Menurut mantan Camat Natar ini, Desa Sidoasih, Kecamatan Ketapang layak mewakili Lampung pada lomba desa tingkat nasional. Dikatakan, Desa Sidoasih, Kecamatan Ketapang layak go Nasional bukan tidak beralasan. Sebab, Desa Sidoasih sudah memenuhi kriteria penilaian. Seperti, bidang pendidikan, kesehatan, partisipasi masyarakat, perekonomian desa, keamanan dan ketertiban serta PKK.

BACA :  Disdik Tunggu Pusat

“Desa Sidoasih saat ini sudah online. Sudah memiliki IT, sudah ada Website. Dibidang perekonomian, Desa Sidoasih sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan bio gas serta pertanian. Semua sektor sudah dimiliki Desa Sidoasih. Seperti sarana pendidikan mulai tingkat SD sampai SMA, sarana kesehatan dan pusat perbelanjaan atau pasar,” ujarnya.

Dulkahar menambahkan, yang tidak kalah pentingnya adalah infrastruktur. Di Desa Sidoasih, katanya, infrastruktur jalan sudah sangat baik. Jalan utama dan jalan lingkungan sudah cukup baik untuk menunjang mobilitas perekonomian masyarakat setempat. “Desa Sidoasih, Kecamatan Ketapang siap dinilai dan siap juara pada penilaian lomba desa tingkat provinsi 2017,” pungkasnya. (man)