Desa Sidomakmur Solek Infrastruktur

301
Kades Sidomakmur David Riono

WAYPANJI – Pergerakan Desa Sidomakmur. Kecamatan Way Panji di sektor pembangunan terus digencarkan. Kucuran Dana Desa (DD) tahap I, II hingga tahap III tahun 2019 ini direalisasikan dalam berbagai kegiatan, utamanya pembangunan.

Untuk DD Tahap III tahun ini, Pemerintah Desa Sidomakmur merealisasikan sedikitnya tiga item pembangunan. Mulai dari pembangunan jalan lapen, pembangunan drainase dan pembangunan jalan rabat beton yang disebar di beberapa dusun.

Kepala Desa Sidomakmur David Riono mengungkap bahwa pembangunan yang bersumber dari DD tahap III sebagian sudah terealisasi dan sebagian lainnya sedang dalam proses pengerjaan.

“ Tahap ketiga ini kami fokus di tige item. Infrastruktur penunjang itu bertujuan untuk menopang mobilitas warga Sidomakmur, terutama juga untuk jalan pertanian,” kata David sapaannya kepada Radar Lamsel, Rabu (27/11).

Orang nomor satu di Sidomakmur ini menjelaskan azas pembangunan yang diterapkan merupakan hasil dari musyawarah desa. Artinya dalam setiap Musdes, Pemerintah Desa menampung setiap aspirasi dibidang pembangunan.

“ Nanti dari Musedes itu akan dicapai kesepakatan mana skala prioritas dan mana yang mendapat giliran pembangunan di periode mendatang. Karena kalau hendak diakomodir sekaligus, tentu nominal DD yang secara bertahap dikucurkan oleh pusat tidak akan cukup. Karena itu ada skala prioritas,” sebut anggota Karang Taruna Lampung Selatan ini.

Sementara TPK Sidomakmur, Sudiono menjabarkan rincian pembangunan DD tahap III yang telah dan sedang dikerjakan sampai saat ini. Diantaranya pembangunan jalan lapen sepanjang 909 meter penghubung Dusun II Pekalongan menuju Dusun III.

Selanjutnya, Sudiono juga memaparkan pembangunan drainase sebanyak dua titik di Dusun II dan Dusun III sepanjang 410 meter. Sedangkan pembangunan rabat beton sepanjang 100 meter direncanakan bakal dikebut pengerjaannya dalam sepekan kedepan.

“ Untuk lapen dan drainase sudah rampung. Infrastruktur penunjang itu diharapkan mampu menopang mobilisasi warga, sedangkan rabat beton rencananya akan dikejar pengerjaannya dalam minggu ini,” paparnya.

Sementara Camat Way Panji Isro Abdi mengapresiasi kinerja aparatur Desa Sidomakmur yang telah merealisasikan DD. Isro begitu sapaannya mengingatkan kepada aparat dan warga untuk sama-sama menjaga apa yang telah dibangun di desa tersebut.

“ Pemerintah sudah mengucurkan DD ke desa. Agar kiranya betul-betul dimanfaatkan dengan baik peruntukannya, setelah realisasi pembangunan juga tugas kita untuk menjaganya bersama,” jelasnya.

 

David Riono Dongkrak Popolaritas Desa Lewat Kinerja

Dibawah kepemimpinan Kepala Desa muda, David Riono. Tampilan Desa Sidomakmur berubah signifikan. Utamanya dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan dan pembangunan sarana penunjang yang terdapat di desa.

Selain Desa Sidoharjo yang menjadi jantung pergerakan perekonomian di Kecamatan Way Panji, perlahan hiruk pikuk keramaian di kecamatan itu sedikit bergeser menuju Desa Sidomakmur.

Adanya pusat keramaian baru di areal perkantoran desa, membuat Sidomakmur jadi tempat persinggahan masyarakat dua kecamatan. Ini menumbuhkan optimisme baru bahwa Sidomakmur pun bisa ramai disinggahi masyarakat yang hendak kulineran,

“ Itu tentu tidak terlepas dari peran aparatur Desa Sidomakmur dan dukungan warga. Tanpa mereka akan sulit mencapai misi tersebu,” ujar David.

Kades yang kerap bermotor dalam bepergian ini mengharapkan masyarakat Sidomakmur memanfaatkan apa yang telah dibangun dengan Dana Desa. Ia juga berharap warga dapat merasakan sendiri hasil perubahan yang dimulai oleh Desa Sidomakmur belakangan ini.

“ Dengan kebersamaan dan kekompakan sejatinya Desa Sidomakmur bisa bersaing dengan desa-desa lain yang ada di Lampung Selatan,” ujar penikmat motor custom ini. (adv)