Desa Sidomukti Dongkrak Perekonomian Melalui Infrastruktur

34
Kades Sidomukti Daryani dan Istri Supriyati.

TANJUNG SARI– Pemerintah Desa Sidomukti berupaya menjadikan pembangunan infrastruktur untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Khususnya akses jalan yang akan memudahkan para petani dalam mengangkut hasil bumi.

Melalui APBDes tahun anggaran 2019 Desa tersebut membangun jalan rabat beton, pemasangan gorong-gorong, talud penahan tanah (TPT) dan melakukan pelebaran jalan.

Kades Sidomukti Daryani mengatakan, pembangunan infrastruktur rabat beton dilakukan di tiga titik. Yakni di Dusun I, Dusun IV dan Dusun V. Sedangkan, pemasangan gorong-gorong dilakukan di 10 titik.

“Rabat beton di Dusun I sepanjang 297 meter, di Dusun IV 367 meter, sedangkan di Dusun V menuju arah makam sepanjang 41 meter. Pemasangan gorong-gorong di Dusun IV dua unit, Dusun I empat unit, Dusun III dua unit dan Dusun V dua unit,” ungkap Daryani kepada Radar Lamsel, Selasa (17/12).

BACA :  Jadikan Lomba Desa Sebagai Pelecut Semangat

Dia mengatakan, pelebaran badan jalan itu merupakan jalan alternatif menuju Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang. Jalan itu memiliki panjang 2.861 meter dan diperlebar menjadi 7 meter. Jalan itu merupakan akes utama perekonomian masyarakat yang sebagian besar sebagai petani.

“Jalan itu merupakan penghubung antar desa dan kecamatan. Karena 80 persen hasil bumi masyarakat melalui jalan ini. Rata-rata petani singkong dan jagung. Kalau ada mobil keluar masuk yang membawa hasil bumi masyarakat sulit,” kata Daryani.

Sambungnya dia mengatakan, tiga titik jalan kabupaten penghubung antar Desa di Sidomukti diperbaiki. Yakni Jalan Janoko, Jalan Kamboja dan Jalan Alam Raya. Pemerintah Desa tersebut berharap, masyarakat berantusias merawat apa yang telah dibangun oleh Kabupaten maupun Desa.

“Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan sudah memperbaiki akses jalan di Desa kami. Saya berharap dengan pembangunan infrastruktur ini perekonomian masyarakat menjadi semakin baik. Intinya sama-sama merawat dan menjaga,” tutur Daryani.

BACA :  DBD Menjamah Tanjungsari

Permudah Pembangunan, Perjuangkan Pemekaran Wilayah

DIBAWAH Nakhoda Daryani, Pemdes Sidomukti berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat, bahkan tahun anggaran 2020 mendatang pihaknya berencana melakukan pemekaran wilayah dan fokus pada pembangunan infrastruktur.

Kades Sidomukti mengatakan, untuk mempercepat proses pembangunan, Desa tersebut perlu dilakukan pemekaran wilayah.

“Sidomukti perlu perlu untuk melakukan pemekaran wilayah perdusun karena masih banyak sekali jalan yang belum terealisasi,” jelas Daryani.

Daryani mengatakan, Jalan lingkungan di Desa itu masih banyak yang belum terealisasi. Tahun anggaran 2020 Desa tersebut masih fokus pada pembangunan infrastruktur tepatnya di Dusun II dan Dusun III. (Adv)

BAGIKAN