Desa Sidomukti Totalitas di Lomba Desa

99
Foto Kades dan Istri

TANJUNG SARI– Meski sempat terguyur hujan lebat, sebagai perwakilan Kecamatan Tanjung Sari pada ajang Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Desa Sidomukti tetap memberikan upaya maksimal. Penilaian Lomba Desa itu berlangsung di Kantor Desa Sidomukti, Senin (17/2).

Penilaian Lomba Desa itu dihadiri oleh Sekertaris tim penilai Lomba Desa Nasron dan anggota, Camat Tanjung Sari Rahmat Hadi Wijaya, Kepala Desa (Kades) serta TP-PKK se-Kecamatan Tanjung Sari.

Pada kesempatan itu, Sekertaris tim penilai Lomba Desa Nasron mengatakan, Lomba Desa itu masih mengacu pada Permendagri nomor 18 seperti tahun sebelumnya. Dalam penilaian Lomba Desa itu sendiri mencakup pada bidang pemerintahan, pemberdayaan masyatakat dan kewilayahan dan berbagai bidang lainnya.

“Lomba Desa ini sebagai evaluasi untuk meninjau sejauh mana perkembangan Desa. Dengan itu, Pemerintah Desa akan terpacu dalam meningkatkan pembangunan di Desanya masing-masing,” ungkap Nasron pada sambutannya, di lokasi penilaian Lomba Desa.

BACA :  Kantor Camat Tanjungsari Disterilisasi

Dia menjelaskan, bahwa tidak hanya penilaian pada Lomba Desa saja, tetapi ada lomba lain yang bertajuk lomba bulan gotong-royong. “Dalam lomba bulan gotong-royong ini, penilaian yang dilakukan adalah sehauh mana partisipasi masyarakat dalam bergotong-royong,” jelasnya.

Pada kesempatan itu pula, Nasron menyampaikan pesan yang disampaikan oleh Plt. Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto kepada seluruh Pemerintah Desa. “Bupati berpesan kepada seluruh Kepala Desa untuk meningkatkan gotong-royong dan menyelesaikan segala permasalahan yang ada di Desa,” pesannya.

Sementara itu, Kades Sidomukti Daryani mengungkapkan bahwa persiapan dalam menyambut Lomba Desa itu sudah dilakukan denan optimal. “Untuk persiapan lomba desa, masyarakat sangat bersemangat dalam menyambut lomba desa ini,” ujarnya.

BACA :  Desa Kertosari Tiadakan Kegiatan Massal

Sambungnya, Daryani mengatakan bahwa mengikuti kegiatan perlombaan desa semacam itu amatlah penting karena dapat menambah pengalaman serta dapat mengevaluasi kekurangan desa. “Banyak sekali yang tadinya belum pernah kita lakukan dengan adanya lomba desa ini semuanya bisa kita tumbulkan,” paparnya.

Daryani berpendapat, Lomba Desa itu dapat membuat Desa Sidomukti menjadi semakin maju serta dapat membangkitkan semangat masyarakat dalam bergotong-royong. “Dengan adanya Lomba Desa ini mudah-mudahan Desa Sidomukti semangat untuk berbenah dan antusias masyarakat dalam bergotong-royong semakin meningkat,” singkatnya.

Masih kata Daryani dia berharap, Desa Sidomukti dapat membawa nama harum Kecamatan Tanjung Sari dengan menoreh prestasi di Lomba Desa tingkat kabupaten. “Harapannya, dengan upaya kami disertai dengan kerja keras masyarakat dapat membuat Desa Sidomukti memperoleh prestasi di ajang Lomba Desa,” harapnya.(adv)