Desa Sidomulyo Tuntaskan Misi Pembangunan

413

SIDOMULYO – Desa Sidomulyo Kecamatan Sidomulyo terus berbenah. Realisasi Dana Desa (DD) tahap ketiga tahun 2018 dimanfaatkan untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur.

Untuk tahap ketiga, desa yang dipimpin Sutanto itu membangun rabat beton sepanjang 500 meter di Dusun Purwodadi Desa Sidomulyo.

“ Tahap ketiga kami prioritaskan Dusun Purwodadi sesuai dengan skala prioritas yang telah ditetapkan sebelum pencairan DD. Disana sepanjang 500 meter rabat beton,” kata Sutanto kepada Radar Lamsel di Balai Desa Sidomulyo, Rabu (19/12).

Orang nomor satu di Desa Sidomulyo itu menerangkan, bahwa Pemerintah Desa (Pemdes) punya misi untuk menuntaskan pembangunan yang bersumber dari Dana Desa. Dengan begitu upaya pemerintah pusat dalam menggelontorkan DD dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

“ Kami targetkan selesai sebelum berganti tahun, saat ini pengerjaan sudah masuk tahapan finishing. Secara keseluruhan DD tahun 2018 ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata ayah satu orang anak ini.

Masih kata Sutanto bila dikalkulasikan realisasi DD tahap I, II dan III maka di Sidomulyo sudah dibangun jalan rabat beton sepanjang 1.400an meter dibeberapa dusun.

BACA :  Puluhan Rumah Rusak Di Terjangan Puting Beliung

“ Sudah sekitar 1.400an meter yang kami bangun dibeberapa dusun berupa infrastruktur jalan beton. Harapan kami jalan yang sudah dibangun dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat dan menunjang perekonomian juga,” ujar Kades yang suka dunia otomotif ini.

Soal teknis realisasinya? pria yang kerap mengenakan kacamata dan topi setiap berkegiatan itu menerangkan metode padat karya sangat membantu. Terutama adanya keterlibatan masyarakat dalam melakukan pekerjaan desa.

“ Dengan begitu pemberdayaan masyarakat desa juga dapat dijumpai pada tiap tahapan pekerjaan. Disana masyarakat bersentuhan langsung terhadap pembangunan sehingga dapat merasakan manfaat dari program yang dikucurkan oleh pemerintah pusat,” tandasnya.

 

Satu Linmas Satu HT, Jaga Keamanan Desa Sidomulyo

Setiap Pelindung Masyarakat (Linmas) di Desa Sidomulyo Kecamatan Sidomulyo dibekali satu Handy Talk (HT). Tujuannya tak lain untuk menjaga ketertiban  dan keamanan desa.

BACA :  69 KK Korban Bencana Alam Dapat Logistik

Upaya itu dilakukan guna melakukan monitoring keamanan dari jarak jauh. Sebab dengan adanya HT maka komunikasi antara satu Linmas dengan Linmas lain yang ada di dusun tersebut dapat terpantau dengan baik.

Kepala Desa Sidomulyo Sutanto menjabarkan, peran Linmas masa kini amatlah penting. Terutama untuk melakukan pengawasan ditiap dusun yang ada di Sidomulyo.

“ Ketika ada informasi yang berkaitan dengan keamanan maka Linmas akan dengan mudah menginformasikannya ke desa. paling tidak cara komunikasi semacam itu dapat diandalkan dengan baik,” ujar Sutanto.

Selain demi keamanan tentu saja, satu Linmas satu HT itu sebagai bentuk pemberdayaan dari realisasi DD. Sebab pemberdayaan masyarakat sama pentingnya dengan pembangunan yang ada di desa.

“ Kita menganut asas pembangunan dan pemberdayaan itu sama penting. Sehingga bila keduanya seimbang maka tujuan daripada DD itu bisa tercapai. Karenanya Pemdes Sidomulyo berupaya semaksimal mungkin untuk bekerja dengan tulus melayani masyarakat,” tandasnya. (ver)