Desa Tejang Buat Program Swadaya ‘Sebesi Peduli’

366

RAJABASA – Pemerintah Desa Tejang Pulau Sebesi mengadakan program bedah rumah swadaya yang bersumber dari masyarakat. Program yang diberi nama ‘Sebesi Peduli’ itu diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu atau memiliki rumah yang tak layak huni.

Kepala Desa Tejang Pulau Sebesi Umar Yuni menjelaskan program bedah rumah berasal dari swadaya masyarakat. Rumah yang dibedah, harus disepakati bersama dan harus memenuhi kelayakan untuk dibedah.

Umar melanjutkan, saat ini pemerintah desa bersama masyarakat tengah mengerjakan 1 unit rumah dan telah memasuki tahap penyelesaian. “Alhamdulillah sudah 75 persen dari rencana awal,” kata Umar kepada Radar Lamsel, Sabtu (27/1) lalu.

BACA :  Lapas Kalianda Gelar Sidang Daring

Menurut Umar, program bedah rumah swadaya ini merupakan program bantuan yang pertama kali diluncurkan di Pulau Sebesi. Diluncurkannya program Sebesi Peduli ini untuk mengetahui sejauh mana partisipasi dan kepedulian masyarakat di desanya.

“Ini yang pertama, awalnya kita mau tahu kepedulian masyarakat tentang program ini. Tapi alhamdulillah masyarakat sangat antusias, sehingga banyak yang ikut membantu,” lanjutnya.

Lebih jauh Umar mengatakan, pihaknya masih melakukan tahapan-tahapan mengenai progres program bedah rumah swadaya yang sejauh ini baru dilakukan satu kali. Umar mengaku, program ini tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa, sebab setiap rumah yang sudah dibedah harus melewat proses penilaian untuk menentukan apakah rumah itu sudah layak atau belum.

BACA :  PILIHAN SULIT

“Satu-satu dulu, karena harus melalui penilayan yang dilakukan oleh kadus dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya. Dan penilaian terakhir akan dilakukan oleh pemerintah desa dalam hal ini kepala desa,” pungkas Umar. (rnd)