Di Pilkades Berundung, Partisipasi Pemilih Capai 96 Persen

550
Veridial – Warga di Katibung antusias menggunakan hak pilihnya pada Pilkades serentak di empat desa yakni Rangai Tri Tunggal, Tanjung Agung, Trans Tanjungan dan Neglasari, Senin (22/5) kemarin.

KALIANDA – Partisipasi pemilih pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Lampung Selatan cukup tinggi. Angkanya mencapai 75 persen pemilih menggunakan hak pilihnya pada Pilkades serentak yang digelar Senin (22/5) lalu.

Angka ini tergambar berdasarkan hasil rekapitulasi Bagian Otonomi Daerah (Otda) Pemkab Lampung Selatan. Data yang diterima Radar Lamsel jumlah pemilih tetap pada pilkades sebanyak 96.164 mata pilih. Sedangkan pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 71.178 pemilih atau sekitar 75 persen.

“Ini jumlah akumulasi ya. Bukan persetiap desa. Tapi kalau mau dirata-rata setiap desa angka partisipasi pemilihnya ada yang mencapai 90 persen keatas,” kata Kasubbag Pemerintahan desa/kelurahan Bagian Otda Dicki Yuricki, S.STP mendampingi Kabag Otda Pemkab Lamsel Drs. Saripudin kepada Radar Lamsel kemarin.

BACA :  PDP Berkurang, ODP Bertambah

Angka partisipasi yang cukup baik ini dimungkinkan terjadi lantaran banyaknya calon kades yang ikut berkompetisi. Selain itu, adanya kesadaran masyarakat desa untuk memilih calon kades yang mereka dukung demi kemajuan desa.

Dari data yang tergambar dalam hasil pilkades serentak partisipasi pemilih pilkades yang tertinggi ada pada pilkades Berundung, Kecamatan Ketapang. Di desa ini angka partisipasi pemilih mencapai 96 persen atau sebanyak 1.433 orang menentukan pilihan dari jumlah DPT sebanyak 1.483 pemilih.

Tak hanya tingginya partisipasi pemilih, kesalahan pemilih dalam mencoblos (suara tidak sah) dalam pilkades berundung juga tidak ada.

Selanjutnya pilkades Pematang Baru Kecamatan Palas berada diposisi kedua partisipasi pemilih tertinggi. Angkanya mencapai 90 persen atau sebanyak 714 pemilih menggunakan hak pilihnya dari jumlah DPT sebanyak 808 pemilih.

BACA :  Hasil Lelang Sekda Dilapor ke KASN

Lalu, pilkades Tejang Pulau Sebesi Kecamatan Rajabasa. Di wilayah kepulauan ini angka partisipasi pemilih mencapai 89 persen atau sebanyak 1.742 pemilih menggunakan hak pilihnya dari jumlah DPT sebanyak 1.946 pemilih. Di desa ini juga tidak ada kesalahan masyarakat dalam mencoblos pemimpinnya atau tidak ada suara tidak sah.

Selain angka partisipasi pemilih yang tinggi, angka partisipasi pemilih yang rendah ada pada Pilkades Serdang Kecamatan Tanjungbintang. Angka partisipasi pemilih pada pilkades ini hanya mencapai 57 persen atau sebanyak 3.921 pemilih menggunakan hak pilihnya dari jumlah DPT sebanyak 6.785 pemilih. (edw)