Dihibahkan, Lintasan Atletik Jadi Tanggungjawab Pemkab

265

KALIANDA – Lintasan atletik di Stadion Jati Kalianda akhirnya resmi dihibahkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Terwujudnya hibah tersebut memang diinisiasi oleh Pemkab Lamsel agar perawatan lintasan atletik yang dibangun 2013 silam itu lebih terawasi.

Aset milik negara yang menelan dana pembangunan sebesar Rp8,1 miliar itu diserahkan oleh Kasubbag Penghapusan dan Hibah Sekretariat Kemenpora Jaelani kepada Sekretaris Daerah Lamsel Ir. Fredy SM., MM.

“ Setelah penyerahan ini maka tanggungjawab perawatan sepenuhnya ada di daerah karena status kepemilikan sudah berpindah dari pusat ke daerah,” ujar Jaelani, Kamis (22/11).

BACA :  Pembunuh Agung Dihukum 8 Tahun Penjara

Sekkab Lamsel Ir. Fredy mengatakan, aset berupa lintasan atletik itu harus sudah terinput dalam aset daerah mulai sejak penandatanganan serah terima agar tidak ada kekeliruan ketika ada audit BPK.

“ Sudah harus diinput kedalam data aset, jangan sampai ketika di audit BPK lintasan atletik itu belum dimasukan. Dari segi perawatan sepenuhnya tanggungjawab Pemkab, belum aset saja dirawat apalagi kalau sudah jadi aset daerah,” terangnya.

Plt. Kepala Dispora Lamsel Ariswandi mengatakan permohonan menjadikan lintasan atletik jadi aset daerah itu sudah diajukan sejak beberapa bulan lalu sampai pada akhirnya dikabulkan oleh Kemenpora.

BACA : 

“ Pertimbangan kita kalau aset itu menjadi milik daerah maka perawatannya bisa dikontrol dan dimanfaatkan dengan baik. Jadi tidak ada lagi batasan ketika aset rusak daerah tidak memperbaiki,” sebut dia.

Ketua Forki Lamsel ini tak menampik bahwa sebelum lintasan atletik itu jadi milik daerah ada batasan-batasan untuk melakukan perawatan. Setelah kesepakatan ini terwujud maka kedepannya lintasan yang dibangun sebelum Porprov 2013 itu akan dimanfaatkan dengan baik.

“ Kita pergunakan dan kita rawat dengan baik, nanti akan kami terjunkan Damkar untuk membersihkan lintasan dari debu dan tanah yang menempel,” tandasnya. (ver)

BAGIKAN