Dikontrakan, Rumah Warga Ludes Terbakar

845
Ist – Camat Candipuro Wasidi SE, meninjau lokasi rumah di Desa Batuliman yang hangus dilahap api pada Sabtu (27/5) sekitar pukul 10.30. tak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.

CANDIPURO – Kebakaran hebat terjadi di Desa Batuliman Indah, Kecamatan Candipuro, Sabtu (27/5) sekitar pukul 10.30 WIB.

Satu rumah milik Herman (40) warga setempat yang di kontrakkan pada perusahaan PT. Sinar Mas ludes terbakar. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun akibat peristiwa itu, korban diduga menelan kerugian puluhan juta rupiah.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Informasi yang dihimpun Radar Lamsel, rumah milik Herman yang dikontrakkan kepada PT. Sinar Mas itu banyak ditemui drum untuk menyimpan BBM jenis solar.

Kobaran api begitu cepat membesar dan melalap seisi rumah. Warga yang mengetahui adanya kebakaran berupaya memadamkan api agar tidak menyebar kerumah warga yang lainnya.

“Belum diketahui secara pasti apa penyebab kebakaran, mungkin arus pendek listrik bisa jadi ada penyebab lainnya. Tapi dari dalam rumah terdapat banyak solar. Bisa jadi solar tersebut milik PT. Sinar Mas yang menyewa rumah tersebut memicu api semakin membesar dan mengancam rumah disekitarnya,” kata Sunar (38) warga Batuliman Indah.

BACA :  Fraksi PKS Bantu APD Dua RS

Kepala Desa Batuliman Indah Bejo membenarkan kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah milik warganya yang tengah disewa oleh salah satu perusahaan. Bejo beserta warganya berjibaku memadamkan api yang semakin membesar selama kurang lebih satu jam.

“Manggil pemadam tapi jarak tempuh yang jauh tidak bisa sepenuhnya mengandalkan pemadam. Saya instruksikan warga memadamkan api dengan alat seadanya,” kata Bejo, Minggu (28/5) kemarin.

Orang nomor satu di Batuliman itu mengatakan, kobaran api baru benar-benar padam satu jam setelah datang pemadam kebakaran dan menyiramkan air pada bara api yang sulit dipadamkan warga. “Saat kejadian tidak ada orang didalam rumah,” kata Bejo.

BACA :  Selain Itu

Terpisah Camat Candipuro Wasidi SE mengatakan, pihaknya sudah mempertemukan korban dengan pihak perusahaan yang menyewa rumah tersebut. Tujuannya agar pihak perusahaan memberikan ganti rugi atas kebakaran tersebut.

“Korban sudah kami pertemukan, begitu juga dengan orang dari PT. Sinar Mas yang diharapkan bisa mengganti kerugian tersebut. Ini juga sudah kami laporkan ke Bupati Lamsel juga,” kata Wasidi kemarin.

Untuk sementara pihaknya belum mengetahui secara pasti apa penyebab kebakaran tersebut. Yang jelas api cepat membesar lantaran terdapat bahan bakar solar di rumah yang digunakan sebagai mess oleh PT. Sinar Mas. “Polisi sudah menangani dan menyelidiki penyebab kebakaran,” tandasnya. (ver)