Dinas Kesehatan Fasilitasi Program “Pesawaran Go Green 2020”

69
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Harun Tri Djoko diwakili Sekretaris Dinas Kesehatan Widodo melakukan penanaman pohon di lingkungan RSUD Pesawaran.
GEDONGTATAAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran memfasilitasi program “Go Green Pesawaran 2020” yang dilaksanakan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0421 Lampung Selatan dengan melakukan penanaman 1.300 pohon dilingkungan RSUD Pesawaran.
Pelaksanaan program “Go Green Pesawaran 2020” yang dilaksanakan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0421 Lampung Selatan melalui Komando Rayon Militer (Koramil) 421-02 Kecamatan Gedongtataan dalam rangka mendukung program penghijauan di area Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pesawaran.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Harun Tri Djoko yang diwakili Sekretaris Dinas Kesehatan Widodo mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0421 Lampung Selatan melalui Komando Rayon Militer (Koramil) 421-02 Kecamatan Gedongtataan dalam rangka mendukung program penghijauan di area Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dengan program “Pesawaran Go Green 2020”.
“Tentu saja hal ini (penghijauan,red) juga menjadi salah satu atensi dari Dinas Kesehatan untuk menjaga lingkungan agara sehat,” ujar Widodo, Rabu (26/2).
Menurut Widodo, program penghijauan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungan. Penghijauan bukan hanya untuk memulihkan, memelihara, dan meningkatkan kondisi alam agar dapat terus berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan.
“Melakukan penghijauan juga bermanfaat untuk peningkatan kualitas kesehatan dan keindahan.

Untuk kesehatan manusia, bermacam manfaat dari penghijauan. Misalnya, pohon yang pada siang hari menghasilkan O2 (oksigen) yang sangat diperlukan manusia, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Jadi secara higienis, pohon sangat berguna untuk kehidupan manusia,” papar  Widodo.

BACA :  Ketua DPRD Minta Pemerintah Daerah Jemput Bola Pengadaan APD

Selain itu, imbuh Widodo, penghijauan merupakan pelindung dan melindungi kita dari kondisi fisik alami, seperti angin kencang, teriknya matahari, debu-debu atau gas lainnya, peredam suara, dan lain sebagainya. Bahkan, penghijauan juga dapat bermanfaat sebagai obat herbal bagi manusia.

BACA :  DPC PDIP Pesawaran Apresiasi Tenaga Medis

“Tanaman-tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan. Dengan demikian, banyaknya kelompok pohon-pohon akan menjadikan daerah sebagai daerah persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya,” tutup Widodo. (Adv)