Dinas Kesehatan Turun Tangan Atasi Wabah Penyakit Gatal

49
Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan warga yang terserang penyakit gatal-gatal.
GEDONGTATAAN – Tidak menunggu lama, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran memastikan penyebab dari wabah penyakit menular gatal – gatal yang menimpa ratusan warga Dusun Sumbersari, Desa Cipadang, Kecamatan Gedongtataan, baik dari usia balita hingga manula ternyata  disebabkan kutu air (scabies). 
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawara, Kesuma Dewangsa menyatakan, dari hasil investigasi Dinas Kesehatan Pesawaran, dengan lokus di RT, 1,3, dan 4 Dusun Sumbersari Cipadang, dengan menghadirkan warga yang terdampak penyakit gatal -gatal,  ditemukan jika pada bak penampungan air yang dipergunakan oleh warga di Dusun Sumbersari, Desa Cipadang tersebut telah tercemar oleh kutu air.
 
“Dari hasil investigasi Dinas Kesehatan selama satu jam ditemukan penyebab utamanya penyakit gatal -gatal tersebut dikarenakan kutu air,  dan sampel air itu sudah dilihat di mikroskop laboratorium Gedongtataan, memang terlihat ada organisme kecil yang diduga kutu air,” terangnya, Rabu (21/10).
 
Karenanya, untuk tindakan awal penanganannya dalam mengatasi penyebaran penyakit menular ini, lanjut Kesuma, masyarakat diminta untuk bergotong royong membersihkan bak penampungan airnya. Kemudian setelah itu, dari pihak Diskes juga akan memberikan Kaporit di bak penampungan air warga dusun setempat
 
“Selain pemberian kaporit di bak penampungan air warga, besok kamis (22/10) bagi masyarakat yang terdampak penyakit gatal -gatal akan diadakan perobatan secara gratis dilokasi puskesmas keliling (pusling),” Imbuhnya. 
 
Lebih lanjut Kesuma menyampaikan,  bila diperlukan penanganan lebih lanjut terkait pengobatan penyakit menular gatal-gatal yang cukup membuat resah warga Desa Cipadang selama ini, maka pasien dapat dirujuk ke RSUD Pesawaran. 
 
“Besok (Kamis-red) puskesmas keliling berjalan,  dan bila tidak sembuh juga, silahkan dirujuk ke RSUD Pesawaran,  ya pengobatannya dipastikan gratis,” tutup Kesuma. (arl/esn)
BACA :  Pemkab Pesawaran Usulkan 255 Formasi PPPK dan 169 CPNS