Dinas Koperasi dan UKM Tampilkan Hasil Kerajinan dan Makanan Olahan Dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi

25
Ketua Tim Penilai Lomba Desa, Zaidirina di dampingi Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona saat meninjau stand UKM.

GEDONGTATAAN – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Pesawaran turut ambil bagian dalam pelaksanaan lomba desa tingkat Provinsi Lampung di Desa Cipadang Kecamatan Gedong Tataan. Dimana dalam kegiatan tersebut, sejumlah hasil kerajian tangan dan olahan makanan karya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan intansi tersebut dipromosikan kepada seluruh tim penilai dan pengunjung.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Pesawaran, Rohana Sri Hartati, selain menampilkan beberapa produk pelaku UKM yang ada di Kabupaten Pesawaran, pihaknya juga menampilkan keberadaan koperasi yang aktif di Desa Cipadang yakni Koperasi Rukun Abadi Ciberes binaan Dinas Koperasi setempat.

BACA :  RTRW Pesawaran Amanatkan Susun 4 Kawasan Perkotaan

“Dengan adanya koperasi ini, tentunya dapat menambah permodalan bagi para anggota yang ada di Desa Cipadang. Apalagi mekanisme pembayaran angsuran pinjamanya dapat ditentukan apakah bulanan atau harian,” ujarnya, Senin (7/6).

Dengan adanya keberadaan koperasi tersebut, lanjut Rohana, saat ini beberapa UMKM di Desa Cipadang juga sudah mulai berkembang dan mengangkat ekonomi kerakyatan. “Dengan adanya koperasi ini, mendukung berkembangnya UKM yang ada di Desa sehingga nantinya dapat ditampilkan dan dipasarkan secara lebih luas lagi dan tentunya jumlah produk UKM yang dimiliki Kabupaten Pesawaran dapat bertambah dan bervariasi,” katanya.

Selain itu, tambahnya, dalam kegiatan tersebut pihaknya juga menampilkan beberapa produk unggulan dari tiap-tiap kecamatan. Seperti halnya di Kecamatan Gedongtataan terdapat olahan makanan dari bahan baku coklat, kemudian Kecamatan Nerikaton dengan produk Tapis, Kecamatan Kedondong dengan olahan makan tahu dan tapis, selanjutnya Kecamatan Waylhilau dengan produk belah ketupat, Waylima dengan kerajinan mudoaronya serta Kecamatan Wayratai kerajinan fosil.

BACA :  40 Ribu Lansia Akan Divaksin

“Dan ini merupakan UKM binaan kita yang sebelumnya juga sudah kita berikan bantuan peralatan maupun palatihannya,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut turut dihadiri langsung oleh Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yamg diwakili oleh Ketua Tim Penilai, Zaidirina beserta rombongan. (Adv)