Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Kendalikan Hama Tikus

10
Petani jagung di Tanjung Rejo saat Gerdal hama tikus.
GEDONGTATAAN – Dinas Pertanian Pesawaran bersama UPTD BPTPH Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura dan petani melakukan gerakan pengendalian (Gerdal) hama tikus di Desa Tanjung Rejo Kecamatan Negerikaton, Rabu (9/6).
“Kalau disini (Tanjung Rejo,red) ada puluhan hektar tanaman jagung, yang diserang hama tikus,” ungkap Harpan mendampingi Kamidi selaku pengurus forum petani jagung wilayah setempat.
Dikatakan, serangan hama tikus yang terjadi pada musim tanam kedua sangat luar biasa. Dimana banyak tanaman jagung yang tidak tumbuh, bahkan tanaman jagung yang baru berumur satu bulan juga tak luput dari serangan hama tikus.
“Upaya secara mandiri kita lakukan pengendalian. Dan Alhamdulillah hari ini dari dinas provinsi dan pesawaran sudah membantu memberikan obat dan bom tikus mas,” ucapnya.
Bahkan, lanjut Harpan, serangan hama tikus bisa mencapai ribuan ekor. Sehingga perlu pengendalian sejak dini. Dan jika dibiarkan, produksi jagung berpotensi anjlok akibat serangan hama tikus tersebut.
“Saking parahnya kalau seperti ini produksi jagung bisa anjlok separuh. Makanya segera dilakukan pengendalian hama tikus. Kalau serangan hama tikus terjadi menjelang magrib. Dan selama satu Minggu kedepan kami akan Gerdal hama tikus ini mas,” pungkasnya. (esn)
BACA :  DPRD Pesawaran Setujui Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2020