Dinas Pertanian Gandeng PT. GGP Gelar Festival Durian

42
Foto Arul - Dewan juri melakukan penilaian lomba durian dalam ajang festival durian di Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedongtataan, Selasa (18/2).
GEDONGTATAAN – Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran bekerjasama dengan PT. Great Giant Pineapple (GGP) menggelar festival durian di Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedongtataan, Selasa (18/2).
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran Anca Martha Utama diwakili Sekretaris Dinas Pertanian Budi Wirawan mengatakan, dalam acara festival durian tersebut akan dilakukan seleksi beberapa jenis durian lokal untuk mencari bibit unggul.
” Acara festival ini bertujuan mencari bibit unggul durian lokal yang ada di Kabupaten Pesawaran. Durian yang terpilih dapat menjadi  varietas unggulan yang akan dikembangkan menjadi bibit secara masal,” ujarnya, Selasa (18/2).
Menurut Budi, suport hasil pertanian menjadikan Provinsi Lampung sebagai satelit ibukota. Dimana hampir seluruh hasil pertanian yang ada di Jabodetabek berasal dari Provinsi Lampung.
“Hasil bumi yang menjadi distribusi pokok yakni beberapa jenis buah unggulan, seperti pisang, manggis dan duren. Sedangkan Desa Sungai Langka ini merupakan daerah yang terkenal akan penghasil duren lokal yang berkualitas,” ungkapnya.
Budi menambahkan, menurut Data Badan Pusat Statistik Kabupaten Pesawaran pada tahun 2019, Kabupaten Pesawaran menghasilkan 149 ton durian. Oleh karena itu Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran bersinergi dengan PT Great Giant Pinapple (GGP) berupaya untuk terus meningkatkan kualitas varietas dan produksi durian lokal.
” Dewan juri dalam acara ini berjumlah 5 orang yang terdiri 2 orang dari pihak PT. GGP, 1  orang dari Unila, 1 orang dari Dinas Pertanian, dan ahli Holtikultura dari Bogor. Dengan juri-juri yang berkualitas ini diharapkan bisa memilih duren yang berkualitas dan bisa menjadi bibit durian lokal unggulan,” tandasnya.
Sementara, Fauzan yang merupakan perwakilan dari PT. GGP menegaskan pihaknya akan bekerjasama dengan Pemkab Pesawaran untuk menjadikan durian lokal sebagai salah satu komoditas yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
” Kami berharap dengan bisa meningkatnya kualitas serta varietas-varietas duren lokal yang ada di Pesawaran bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Selain itu, durian lokal juga dapat menjadi ikon Kabupaten Pesawaran terutama untuk Desa Sungai Langka,” tuturnya. (arl/esn)
BACA :  Koramil 421-02 Gedongtataan Semprot Disinfektan SDN 13 Gedongtataan