Dinas PMD Maksimalkan Penyaluran BLT-DD Tahap II

20
ILUSTRASI
GEDONGTATAAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Pesawaran memaksimalkan tahapan proses realisasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap II di Kabupaten Pesawaran.
Kepala Dinas PMD Kabupaten Pesawaran, Zuriadi menjelaskan beberapa desa yang belum mencapai tahapan realisasi penyaluran BLT-DD tahap II masih menunggu proses pencairan dana desa.
“Meskipun ada beberapa desa yang belum merealisasikan BLT-DD tahap II namun untuk saat ini tidak ada kendala, hanya proses realisasinya menunggu pencairan dana desa dan prosesnya akan dimaksimalkan agar secepatnya bisa terealisasi,” ujar Zuriadi, Senin (12/10).
Zuriadi mengatakan, teknis penyaluran BLT-DD tahap II masih sama seperti tahap pertama yaitu melalui transfer langsung ke rekening bank BRI keluarga penerima manfaat (KPM) masing-masing dan untuk menentukan KPM BLT-DD tahap II dimusyawarahkan kembali oleh masing-masing desa serta KPM harus sesuai dengan kriteria dari Kementerian Desa PDTT.
“Kalau untuk yang baru menerima BLT-DD tahap II harus membuka rekening terlebih dahulu dan tahapan penyalurannya masih sama seperti tahap pertama melalui rekening masing-masing KPM. Dan untuk KPM bisa tetap, berkurang ataupun lebih disesuaikan dengan keuangan desa, kalau bisa dimusyawarahkan kembali oleh desa untuk menentukan penerima BLT-DD tahap II ini serta penerima manfaat harus sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh kementerian,” paparnya.
Selain itu, Zuriadi menghimbau kepada seluruh masyarakat yang menerima BLT-DD tahap II agar bisa memanfaatkan bantuan BLT-DD tahap II untuk memenuhi kebutuhan pokok terutama untuk kebutuhan pangan.
“Karena memang untuk kondisi sekarang semuanya masih berada dalam keadaan yang sulit di tengah pandemi Covid-19 saat ini, untuk itu manfaatkan bantuan dari pemerintah ini dengan sebaik-baiknya, gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok terutama untuk kebutuhan pangan sehari-hari.” pungkasnya. (eggy/esn)
BACA :  Kapolres Kunjungi Ketua MUI Pesawaran