Dinas PU Pera Perbaiki Pintu Bendungan Way Lipang

336
Foto Ist - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat meninjau bendungan Way Lipang.
GEDONGTATAAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPera) Kabupaten Pesawaran melakukan perbaikan pintu utama bendungan Way Lipang di Desa Gunung Sari, Kecamatan Way Khilau.
 
Plt.Kepala Dinas PU Pera Zainal Fikri mengatakan, tahap pertama yang saat ini telah diperbaiki pihaknya yakni dengan memperbaiki pintu utama di bendungan tersebut. Pasalnya pintu utama sebagai pengatur air di bendungan tersebut mengalami kerusakan.
 
“Kita sudah action kemarin, dan sudah diperbaiki pintu utama bendungannya,” ujarnya.
 
Sedangkan, lanjut Fikri, untuk normalisasi Way Lipang tersebut saat ini pihaknya masih menunggu kondisi air di Way Lipang. Mengingat kondisi air yang masih tinggi dan intensitas hujan yang cukup deras sehingga belum memungkinkan alat berat tersebut diturunkan ke lokasi.
 
“Air masih tinggi, alat berat belum memungkinkan masuk ke lokasi. Kita tunggu air surut terlebih dahulu,” imbuhnya.
 
Lebih jauh pihaknya mengatakan, selain  konsentrasi normalisasi Way Lipang, pengerukan sedimentasi di saluran sekunder yang berfungsi mendistribusikan ketersediaan air ke sawah petani juga menjadi konsentrasi pihaknya.
 
“Memang di saluran sekunder banyak sedimentasi dan sampah. Dan itu juga akan dibersihkan,” terangnya.
 
Mengingat anggaran pemiliharaan yang terbatas, lanjut Fikri, perbaikan menyeluruh terhadap bendungan Way Lipang dan saluran sekunder tersebut rencananya akan ditangani melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun anggaran 2020 mendatang.
 
“Untuk penanganan menyeluruh kita akan alokasikan sekitar Rp. 2,5 miliar dari DAK pada 2020 nanti,” pungkasnya. (Esn)
BACA :  Debat Kandidat Kedua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran Adu Visi Misi