Dinas PUPR Minta Rekanan Bangun Kembali Tugu Taman Jejama Sidototo

82
GAMBAR ILUSTRASI
GEDONGTATAAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pesawaran menuding penyebab ambruknya Tugu Taman Jejama Sidototo karena pondasi tugu sebelumnya yang dibangun oleh pemerintah provinsi tidak sesuai.
Setelah dikaji, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pesawaran Zainal Fikri menyatakan jika penyebab dari ambuknya bangunan tersebut lantaran bangunan Tugu Taman Jejama Sidototo tersebut dibangun diatas bangunan lama .
“Setelah peristiwa ambolnya Tugu Taman Jejama Sidototo, kami mengkaji apa sebabnya. Ditemukan jika penyebabnya adalah bangunan tersebut dibangun diatas bangunan yang sebelumnya dibangun oleh pemerintah provinsi,” ujarnya.
Ia menambahkan, jika pondasi Tugu Taman Jejama Sidototo yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi sebelumnya tidak sesuai.
“Setelah dicek bangunan pondasi yang didirikan oleh provinsi yaitu bata rolak, bukan pondasi pasangan batu. Dan dampaknya ketika hujan, pondasi itu turun. Sehingga bangunan kami yang ada diatasnya berdampak,” tambahnya.
Fikri juga menjelaskan, perencanaanya bangunan Tugu Taman Jejama Sidototo tersebut memang terletak diatas bangunan yang sebelumnya.
“Ya salah memang salah provinsi itu jika dilihat dilapangan. Ketika bangunan dibawah itu benar atasnya juga tidak akan roboh. Dikarenakan penurunan pondasi yang lama jadi bangunan kita yang ada diatasnya jadi hancur. Oleh karena itu kita meminta rekanan untuk membangun kembali bangunan tersebut ditempat yang berjarak 60 centimeter dari bangunan sebelumnya,” tutupnya. (arl/esn)