Dinkes Tekankan PHBS dan Social Distancing

71
Shofyan Apriyansyah – Kabid Pencegahan Penyakit Menular Dinkes Lamsel Kristi Indarwati, menjelaskan tentang kiat untuk terhindar dari paparan Covid-19, di aula Puskesmas Candipuro, usai kegiatan, Jumat (20/3).

CANDIPURO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan meminta pemerintah desa, dan masyarakat memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dinkes menilai ada beberapa langkah yang perlu diambil untuk memutus penyebaran virus mematikan asal Kota EWuhan itu.

Hal itu disampaikan Kabid Pencegahan Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Lampung Selatan, Kristi Indarwati, di Puskesmas Candipuro, Jumat (20/3/2020) pekan lalu. Meski penyebarannya sudah terjadi di beberapa wilayah Indonesia, Kristy meminta masyarakat tidak panik.

“Kita harus bijak dalam menghadapi Covid-19, namun tentunya masyarakat juga ditekankan harus tetap waspada,” katanya.

Kristy menyebut ada beberapa kiat yang harus diterapkan oleh masyarakat untuk melindungi diri dan keluarga dari paparan Covid-19. Di antaranya, masyarakat dihimbau untuk tetap menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan social distancing.

“Tetap menjaga jarak dari tempat berkumpulnya keramaian orang banyak untuk sementara,” kata Kristi Indarwati.

Dinkes, kata Kristy, mendorong masyarakat untuk pro aktif melibatkan diri dalam pencegahan Covid-19. Hal itu bisa dilakukan melalui pemeriksaan kesehatan ke Fasiltas Pelayanan Kesehatan ( Fasyankes) terdekat. Apalagi jika ada warga yang mengalami gejala atau ganguan kesehatan seperti, batuk, pilek, demam, sakit tenggorokan, nyeri otot dan ganguan pernafasan.

“Masyarakat juga kami himbau untuk segera lapor kepada tenaga kesehatan terdekat bila mengalami ganguan kesehatan seperti yang sudah disebutkan,” ujarnya.

Selain pengecekan kesehatan, Dinkes Kabupaten Lampung Selatan juga memberikan penjelasan mengenai cara menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari Covid-19.

“Kami sarankan masyarakat untuk istirahat yang teratur. Minum air putih yang cukup serta mengkonsumsi makanan cukup gizi, seperti syuran dan buah-buahan. Agar kondisi vitalitas tubuh tetap terjaga. Dan tak lupa biasakan cuci tangan pakai sabun setelah beraktivitas,” katanya. (CW2)