Dipuji Plt.Bupati, Erdi: Hanya Berbuat Maksimal

115

PENENGAHAN – Pemerintah kecamatan harus memiliki inovasi dalam menyampaikan berbagai program yang diusung Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Peranan pemerintah kecamatan juga harus menyentuh hal lain, salah satunya menjalin silaturahmi dengan elemen dan tokoh masyarakat.

Dalam hal ini, camat sebagai perpanjangan tangan dari orang nomor satu di kabupaten harus mampu memenuhi ekspektasi itu. Maka dari itu, camat tak boleh terlalu santai karena mereka diwajibkan memiliki mobilitas tinggi dengan terjun langsung ke desa-desa yang ada di wilayahnya.

Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, secara terang-terangan mengatakan jika dirinya tak suka dengan camat yang hanya duduk ‘manis’ di kantor. Sebagai pemimpin, kata Nanang, camat harus melakukan pergerakan ke desa-desa. Akan lebih baik lagi jika melakukan sebuah perubahan di wilayahnya.

“Camat jangan hanya duduk di kantor. Harus bergerak ke desa-desa. Dengan begitu, program yang diusung oleh pemerintah akan lebih mudah tersambung kepada masyarakat,” kata Nanang.

BACA :  55 CJH Sudah Diberi Pembinaan

Mantan Kepala Desa Way Galih, Kecamatan Tanjung Bintang ini mengibaratkan jika saat ini dirinya sedang bermain catur. Camat, kata dia, adalah bidaknya. Sebagai pemain, Nanang harus jeli dalam menempatkan bidak-bidak yang mampu memberi pengaruh terhadap wilayahnya. Jadi, bisa dikatakan bahwa penempatan posisi camat saat ini dalam tahap uji coba.

“Saya cabut bidak yang satu, kemudian saya tempatkan bidak yang lain di situ. Syukur-syukur (bidak yang ditempatkan) bisa dapat menteri, atau raja. Itu sangat bagus, sebuah prestasi,” katanya.

Pujian ini dilontarkan Nanang untuk Erdiyansyah, S.H.,M.M, yang saat ini menjabat sebagai Camat Penengahan. Erdiyansyah memang baru duduk di wilayah itu. Namun Nanang mengaku sudah ada perubahan sejak Kecamatan Penengahan dipegang oleh pria yang akrab disapa Erdi ini.

Di mata Nanang, Erdi adalah pemimpin yang memiliki kualitas. Buktinya, saat menjabat sebagai Camat Kalianda, Erdi mampu membuat perubahan yang signifikan. Baik dari segi kepemudaan, kedekatan dengan masyarakat, tokoh adat, dan pengembangan kepariwisataan.

BACA :  200 Tong Sampah Disebar Pemerintah Desa Gayam

“Pak Erdi ini camat yang bagus, beliau banyak membuat perubahan sewaktu menjabat sebagai Camat Kalianda dulu. Sekarang hal ini coba dilakukan lagi, dan berhasil. Pak Erdi mampu menjalin kedekatan dengan masyarakat, dan tokoh adat,” katanya.

Meski mendapat pujian khusus dari Nanang, nyatanya tak membuat Erdi tinggi hati. Erdi mengaku jika Ia hanya menjalankan tugas dan berbuat semaksimal mungkin. Sebagaimana yang telah diamanahkan kepadanya. Sebagai perpanjangan tangan dari Plt. Bupati, kata Erdi, camat harus bisa mengejawantahkan program dan visi misi pemerintah kabupaten.

“Ya, kita berbuat maksimal saja, di manapun kita bertugas. Yang jelas, kita harus menyampaikan program dan visi misi beliau kepada masyarakat, terutama gotong royong, kebersamaan merajut kedekatan dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama. Dan memunculkan kreatifitas agar wilayah kita memiliki potensi wisata dan ekonomi kerakyatan,” ujarnya. (rnd)