Disdukcapil Lamsel akan Bangun Gedung Pelayanan Satu Atap

320
Edi Firnanda (Kepala Disdukcapil Lamsel).

KALIANDA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Selatan akan membangun gedung pelayanan satu atap diarea Kantor Disdukcapil setempat tahun ini.

          Kepala Disdukcapil Lamsel Edi Firnandi mengatakan, dibangunnya gedung pelayanan satu atap tersebut untuk menyatukan segala macam produk pelayanan yang ada di Kantor Disdukcapil setempat.

          “Supaya terlihat rapih dan tidak terpisah-pisah seperti sekarang ini. Jadi nanti semua bentuk pelayanan berada dalam satu gedung, baik itu perekaman, pencetakan KTP, KK, Akte Kelahiran dan pelayanan lainnya,” ujar Edi Firnandi kepada Radar Lamsel, diruangkerjanya, Senin (14/1) kemarin.

BACA :  Satukan Persepsi Bahas Pasar Bumirestu

          Dia menuturkan, gedung pelayanan satu atap itu dibangun mengunakan dana APBD Lamsel tahun 2019 yang pengerjaanya dilakukan melalui satuan kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Lampung Selatan.

          “Kalau nanti gedungnya sudah jadi, maka kantor dan tempat pelayanan akan terpisah. Jadi akan terlihat rapih dan masyarakat yang datang untuk mengurusi segala jenis dokumen diri tidak terlihat membludak. Karena setiap harinya Disdukcapil ini tidak pernah sepi,” terangnya.

          Edi Firnandi mengungkapkan, ramainya masyarakat yang datang silih berganti setiap harinya ke kantor Disdukcapil, itu dikarenakan banyaknya masyarakat yang membutuhkan dokumen diri mulai dari KTP, KK, Akte Kelahiran, Surat Pindah Domisili, dan lain-lain.

BACA :  Tetapkan Nomor Urut, Petahana Dapat Nomor 1

          “Tidak pernah putus, karena kan setiap harinya ada saja warga yang melahirkan, dan tentunya membutuhkan pembuatan akte kelahiran. Selain itu, adanya perubahan status, dari yang tadinya masih pelajar kemudian lulus dan ingin memiliki KTP, begitu jua adanya warga yang pindah domisili. Jadi tidak pernah sepi, maka dari itu dibutuhkannya  pembangunan gedung pelayanan satu atap ini,” pungkasnya. (iwn)