Disdukcapil ’Servis’ Tiga Kecamatan

84
Rifky - Sejumlah masyarakat yang mengantri proses pembuatan identitas di Kantor Camat Tanjung Bintang, Selasa (14/1).

TANJUNG BINTANG – Pelayanan mobile Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di Kantor Camat Tanjung Bintang, dipadati masyarakat.

Kasubag perencanaan Disdukcapil Saidi Akbar mengatakan bahwa pelayanan itu mencakup di tiga Kecamatan, Yakni Kecamatan Tanjung Bintang, Kecamatan Tanjung Sari dan Kecamatan Merbau Mataram.

“Kalau ramai ya pasti ramai, karena ini mencakup tiga kecamatan. Dulu yang keliling kesetiap Desa oleh pak Indramirsyah sekarang sudah tidak berjalan lagi, sekarang mereka fokus ke Natar dan Jati Agung,” jelasnya Kepada Radar Lamsel, (14/1)

BACA :  Tanjungbintang Gotong-royong Peringati World Clean-up

Dia menjelaskan bahwa pembuatan identitas baru prosesnya lebih cepat dibandingkan dengan merubah identitas itu sendiri. Menurutnya, proses merubah identitas memerlukan waktu yang sedikit lebih lama dibanding pembuatan.

“Sebetulnya kalau buat baru itu prosesnya lebih cepat dibanding dengan merubah identitas. Kalau merubah lebih banyak pertanyaannya jadi prosesnya sedikit lebih lambat, lebih efektif disini daripada keliling ke Desa karena kita menetap,” paparnya.

Masih kata akbar dia menambahkan, pelayanan Capil itu sendiri dimulai pada pukul 08.00 dan selesai pada pukul 16.00 WIB. “Dari sini kita kirim ke kantor. Jam setengah empat kita selesai karena di kantor sudah tidak ada yang verivikasi,” bebernya.

BACA :  Rumah Reot Pasutri Ambruk, Bantuan Berdatangan

Dengan padatnya masyarakat yang antri dalam proses pembuatan identitas, Camat Tanjung Bintang Hendri Hatta, S.Ag menganggap itu tidak mengganggu proses perkantoran di Kecamatan itu.

“Sama sekali tidak merasa terganggu, karena kegiatan kita juga tidak berbenturan dengan adanya pelayanan pencatatan sipil ini,” imbuhnya.(CW1)