Dishub Segera Tertibkan Jalur Trotoar di Kalianda

537
Iwan J Sastra – Inilah salah satu jalur trotoar yang terhalang oleh kendaraan para pelanggan counter handphone di Jalan Protokol, tepatnya di samping Kantor Telkom Kalianda.

KALIANDA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lampung Selatan bersama sejumlah instansi terkait, dalam waktu dekat akan melakukan penertiban jalur trotoar dari segala macam bentuk yang menghalangi kenyamanan warga pejalan kaki di sepanjang jalan protokol Kota Kalianda.

Penertiban itu dilakukan, untuk memberikan kenyamanan kepada warga pejalan kaki yang terganggu oleh adanya berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para pemiliki usaha dagang mulai dari pedagang jajanan, pemilik toko material, hingga pemilik usaha counter handphone yang memanfaatkan trotoar jalan menjadi tempat parkir kendaraan pelanggannya.

“Ini sudah lama menjadi keluhan warga pejalan kaki. Karena banyaknya jalur trotoar yang terhalang baik oleh pedagang jajanan, para pengusaha toko material yang meletakkan barang-barang daganganya, hingga pemilik usaha counter handphone,” ujar Kepala Dishub Lamsel Badruzzaman kepada Radar Lamsel, saat ditemui usai menggelar rapat bersama anggota Forum Lalu Lintas Lamsel, di ruang Asisten Ekobang Setkab Lamsel, Jumat (8/10).

BACA :  Proyeksi Turun, Maksimalkan PAD!

Badruzaman mengungkapkan, selain terhalang oleh aktifitas berdangan, banyak juga trotoar jalan yang dimanfaatkan oleh dinas terkait sebagai tempat memasang pot bunga secara permanen di sepanjang jalur trotoar di Kota Kalianda.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Lamsel selaku instansi yang memiliki kegiatan pemasangan pot bunga di jalur-jalur trotoar kota Kalianda. Bahkan sudah meminta kepada pihak Disperkim untuk menseterilkan jalur trotoar dari pot-pot bunga hias yang dipasang ditengah-tengah jalur trotoar,” ungkapnya.

BACA :  Aparatur Desa Dibina Tingkatkan Tupoksi Kerja

Dia menuturkan, bangunan trotoar disisi jalan protokol Kota Kalianda itu dibuat, untuk memberikan kenyamanan bagi warga pengguna jalan. Jalur trotoar jalanan itu sudah semestinya disterilkan dari berbagai bentuk penghalang baik itu pepohonan, pot bunga, serta terbebas dari para pedagang.

“Oleh sebab itu, kami mengajak pihak Disperkim, Satlantas Polres Lamsel, serta Satpol PP untuk bersama-sama

melakukan penertiban di sepanjang jalur trotoar jalanan yang rencananya akan kami laksanakan dalam waktu dekat ini,” pungkasnya. (iwn)