Disiplin Kesehatan di Pasar Jadi Sasaran

52
Ist.Radarlamsel – Jajaran Pol PP Kecamatan Palas tengah menertibkan salah satu penungujung Pasar Desa Bangunan yang tidak menerapkan protokol kesehatan, Rabu (23/9).

PALAS –Tim Satgas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Palas mulai melakukan penegakan protokol kesehatan Covid-19 di lingkungan pasar wilayah kecamatan setempat.

Seperti yang terlihat pada Rabu (23/9) Tim Satgas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Palas melakukan penertiban pemakaian masker kepada pengunjung dan pedagang pasar Desa Bangunan.

Kepala Seksi Ketertiban dan Ketentraman Kecamatan Palas Septa Oksal Gunawan mengatakan, penertiban yang dilakukan bersama pihak kepolisian, TNI, Pol PP, dan Puskesmas Rawat Jalan ini untuk menegakan protokol kesehatan di wilayah Kecamatan Palas.

“Hari ini kita mulai melakukan penegakan protokol kesehatan, salah satunya di Pasar Desa Bangunan ini. Ini dilakukan agar protokol kesahatan selalu diterapkan oleh masyarakat tertama ketika beraktivitas di tempat umum,” kata Septa Oksal Gunawan memberikan keterangan kepada Radar Lamsel usai menggelar kegiatan tersebut.

BACA :  Ternak Babi Off Pasca Serangan ASF

Septa menerangkan, kegiatan ini merupakan bagian dari Peraturan Bupati Nomor 38 Tentang Perubahan Pertama atas

Perbub Bupati Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19. Agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan ketika melakukan kegiatan diluar rumah.

“Dalam kegiatan ini kita juga mensosialisasikan Perbub Lampung Selatan Nomor 38. Salah satunya menegakan protokol kesehatan di lingkugan pasar. Maka dari itu kami juga mengajak pengurus pasar untuk selalu memberikan imbauan kepada pengunjung ataupun pedagang,” terangnya.

BACA :  Pokmas Tampik Surat Sanggahan

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis Puskesmas (UPT) Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas Rosmeli mengungkapkan, penerapan protokol kesehatan di lingkungan pasar Desa Bangunan sudah berjalan cukup baik. 80 persen pengunjung atau pedagang pasar sudah mengenakan masker.

“Protokol kesehatannya sudah berjalan dengan cukup baik. Rata-rata pengunjung sudah mengenakan masker. Harapan kami kedepannya protokol kesehatan ini bisa terus ditingkatkan sehingga bisa mencegah penularan Covid-19 di Kecamatan Palas,” harapnya. (vid)