Disnak Imbau Warga Cermati Daging Sebelum Dibeli

993
ilustrasi

PALAS – Dinas Peternakan (Disnak) Lampung Selatan mengingatkan kepada masyarakat untuk dapat mewaspadai peredaran daging gelonggongan yang berkemungkinan beredar jelang lebaran 1437 hijriah.
UPT Disnak Kecamatan Palas mengaku akan mengawasi peredaran daging yang ada dipasaran utamanya ditempat-tempat pemotongan hewan. Kendati begitu peningkatan pengawasan warga harus tetap dilakukan. Yaitu dengan mencermati kondisi daging yang akan dibeli.
Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disnak Palas Wardi mengatakan, baik daging sapi, kambing atau ayam merupakan bahan makanan akan menjadi pilihan masyarakat untuk dikonsumsi pada saat lebaran. Disnak mengingatkan jangan sampai masyarakat asal membeli.
“Cermati daging dengan sebaik mungkin. Ciri-ciri daging sapi yang baik berwarna khas merah daging, mengkilat, cerah dan tidak pucat,” kata Wardi.
Kemudian kata Wardi, serat daging sapi halus dan sedikir berlemak. Tekstur daging kenyal, elastis dan sedikit kaku tidak lembek,” tambah Wardi.
Menurutnya ciri-ciri daging sapi yang layak untuk dikonsumsi juga tidak berbau asam maupun berbau busuk. “Jika ciri-ciri tersebut tidak terdapat pada daging sapi yang dijual dipasar harus curiga. Bisa jadi daging sapi tersebut tidak segar atau daging tersebut tidak layak konsumsi,” kata Wardi. (yan)

BACA :  Tahapan Pilkada Dihadang Corona