Disparbud Lamsel Promosi Seni dan Budaya di Anjula TMII Jakarta

486

JAKARTA – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lampung Selatan mengisi acara promosi seni dan budaya bertajuk “Gelar Seni Budaya Lampung Selatan”  yang digelar Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pengelola Anjungan Lampung, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (25/11).

Dalam gelaran pentas seni budaya daerah tersebut, Disparbud Lamsel bersama tim kesenian Lamsel menampilkan beragam kesenian daerah Lampung Selatan seperti tari gajah, zapin berkasih, fashion show dan lagu-lagu pop daerah Lampung.

Kepala Disparbud Lamsel Yuda Sukmarina, S.Sos, MM, mewakili Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang telah memberikan kepercayaan kepada  Kabupaten Lamsel untuk mengisi kegiatan pentas gelar seni budaya daerah Lampung di Anjungan Lampung TMII Jakarta.

“Ini menjadi suatu kebanggaan bagi kami (Disparbud Lamsel), khususnya Pemkab Lamsel. Karena kegiatan pentas seni budaya ini menjadi kesempatan bagi kami untuk mempromosikan seni dan budaya, sekaligus menyajikan karya seni dan kebudayaan khas Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Yuda Sukmarina.

Mantan Kasubag Promosi Budaya Anjungan Lampung TMII Jakarta ini mengatakan, promosi seni dan budaya daerah memiliki arti penting dan bermakna strategis dalam upaya menjaga dan melestarikan serta sekaligus mempromosikan seni dan budaya daerah kepada generasi penerus. “Kami melibatkan para seniman asal Lamsel yang tergabung dalam Tim Kesenian binaan Disparbud Lamsel untuk mengisi acara dipanggung pentas seni dan budaya ini,” terangnya.

Selain menampilkan pertunjukan seni, lanjut Yuda Sukmarina, dalam kegiatan ini juga pihaknya mempromosikan berbagi macam produk kerajinan asal Lamsel seperti kain Tapis, sulam usus, batik inuh, kopiah, dompet, serta tas tapis, dan juga tukkus Lampung. Tujuannya, agar produk kerajinan Lamsel dapat dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat, khususnya yang berkunjung ke Anjungan Lampung Taman Mini Indonesia (Anjul TMII) Jakarta.

“Kami berharap melalui kegiatan promosi seni dan budaya ini dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Lampung khususnya ke wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Agar para wisatawan bisa mengenal lebih dekat destinasi wisata yang ada di Lampung Selatan,” pungkas Mantan Sekretaris Badan Perwakilan Penghubung Provinsi Lampung di Jakarta ini.

Pantauan Radar Lamsel, acara promosi seni budaya Kabupaten Lamsel yang dihelat di halaman Anjungan Lampung TMII Jakarta kemarin, disaksikan oleh ratusan penonton serta para tamu undangan dari masing-masing Kepala UPTD Anjungan Se- Indonesia, mahasiswa asal Lampung, serta masyarakat Lampung yang tinggal di Jakarta.

Hadir pula dalam acara tersebut Direktur TMII Unggul Yudi Yanto, Kepala UPTD Balai Pengelola Anjungan Lampung Sulastri, S.Si, Dosen IKJ asal Kalianda Lamsel Rahman Yakub, S.Sn, serta sejumlah Anggota DPRD Lamsel yakni Sigit Purnomo, Waris Basuki dan Nurhafifah. (iwn)