Dispora Optimis Rencana Kerja Tahun 2020 Berjalan Sukses

164

GEDONGTATAAN – Sejumlah program dan kegiatan di bidang pemuda dan olahraga tahun 2019 telah sukses dilaksanakan. Dengan demikian, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pesawaran pada tahun ini optimis rencana kerja tahun 2020 ini akan kembali berjalan dengan sukses dan memberikan dampak yang positif bagi pemuda serta kemajuan dunia olahraga di Bumi Andan Jejama.

Menurut Plt. Kepala Dispora Pesawaran, Marzuki, sejumlah program kegiatan tersebut diantaranya yakni mulai dari Adventure Trail, Sepeda Santai, Napak Tilas, pembinaaan Paskibra, Jambore Pemuda Indonesia (JPI), serta sejumlah rangkaian dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dan hari olahraga nasional.

Seperti halnya pada kegiatan Adventure Trail dan Sepeda Santai dalam memperingati Semarak Pesawaran yang diharapkan dapat mempromosikan dan memasarkan produk-produk wisata yang ada di Kabupaten Pesawaran.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk rajin bersepeda, sebab hal tersebut sebagai bentuk partisipasi dalam mengurangi pencemaran udara (polusi) dan penggunaan BBM serta mempererat tali persaudaraan (brother hood),” ujarnya, Senin (27/1).

BACA :  Peringatan Hari Sumpah Pemuda Dilaksanakan Secara Virtual

Sedangkan untuk kegiatan napak tilas, lanjutnya, bahwa kegiatan tersebut sejarah terbentuknya Kabupaten Pesawaran dapat dimaknai oleh para generasi muda dan masyarakat untuk menumbuhkan rasa kecintaan serta membangkitkan semangat untuk mengisi pembangunan.

Sementara untuk kegiatan Paskibra, selain mencari petugas untuk pelaksanaan pengibaran bendera pada 17 Agustus, juga diharapkan agar para anggota Paskibra tersebut dapat terus menjadi generasi masa depan yang maju, unggul, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi terta terus berkarya. “Karena Paskibra memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, tegar, dan pantang menyerah, untuk berjuang demi Kemajuan Kabupaten Pesawaran serta bangsa dan negara,” ucapnya.

Selain sejumlah kegiatan tersebut, tambahnya, dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 Tingkat Kabupaten Pesawaran tahun 2019. Dispora setempat gelar kegiatan jalan sehat dan marathon. “Sebab olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup,” imbuhnya.

BACA :  KPU Siapkan Debat Kandidat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati

Disamping itu, Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 juga dinilai sangat penting untuk mengingatkan terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“Pemerintah Kabupaten Pesawaran saat ini mengapresiasi serta memberikan ruang bagi pemuda milenial untuk membangun sebuah cita-cita masa depan membangun optimisme kolektif bahwa suatu saat para anak muda akan mampu mewujudkan cita-citanya membangun Bumi Andan Jejama,” pungkasnya. (Adv)