DKP Pasang Set Net di Sebuku Pekan Depan

669
Kepala DKP Lamsel DR. Meizar Melanesia

KALIANDA – Kabar gembira bagi para masyarakat nelayan di wilayah Kepulauan Sekepol dan Sebuku, Kecamatan Rajabasa. Pasalnya, bantuan berupa alat tangkap ikan jenis Set Net dari Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP) akan dipasang pekan depan. Itu ditegaskan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lamsel DR. Meizar Melanesia, Juam’at (8/1).
Menurut Meizar, alat tangkap tersebut telah diterimanya dari pemerintah pusat. Pemasangannya, akan menunggu hingga cuaca laut benar-benar aman dan kondusif.
“Rencana kami bersama tim ahli dari KKP, pemasangannya minggu ketiga bulan ini (Januari’red). Artinya, kalau kondisi cuaca baik, pekan depan bisa kita pasang. Alat tangkap ramah lingkungan ini akan dipasangwilayah Kepulauan Sekepol, Kecamatan Rajabasa. Yang peruntukannya bagi nelayan Sekepol dan Sebuku,”ungkap Meizar di sela kegiatan tanam pohon di Wisata Kuliner TPI Dermaga Bom Kalianda, Jum’at (8/1).
Pihaknya tengah gencar memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat nelayan yang mendapatkan bantuan tersebut. Mulai dari tata cara penggunaan alat tangkap hingga perawatannya.
“Semua sosialisasi langsung diberikan oleh tenaga ahli dari kementerian. Kita hanya memfasilitasi saja. Pelatihannya juga sudah mulai dilakukan beberapa hari lalu,”imbuhnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, Lamsel merupakan satu-satunya kabupaten yang mendapatkan bantuan alat tangkap ikan ini pada tahun 2015 ini. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Lamsel berharap agar para nelayan yang mendapatkan bantuan tersebut dapat menjaga dan merawat serta mempergunakan dengan sebaik-baiknya.
“Karena tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk mendapatkan bantuan ini. Banyak kajian dan tahapannya yang harus dilalui. Tapi kami bersyukur usulan bantuan alat tangkap ikan ini bisa di setujui oleh pemerintah pusat,”pungkasnya.
Diketahui, set net adalah salah satu jenis alat tangkap ikan yang sudah sering digunakan oleh nelayan di Jepang sejak ratusan tahun yang lalu. Di Indonesia yang prinsip kerjanya hampir sama dengan set net adalah jermal, sero, ambai, belat dan sebagainya. (idh)

BACA :  Kalapas Sampaikan Gesekan, Dandim Siap Bantu
BAGIKAN