Dongkrak Pembangunan Desa dengan Pelatihan Kepemudaan

937

PALAS – Pemuda adalah salah satu elemen pendorong dalam pembangunan desa. Untuk itu, Pemerintah Desa Bumiasri, Kecamatan Palas memberikan pelatihan bagi pemuda, Rabu (23/5) kemarin.

Kepala Desa Bumiasri Suyadi mengatakan, pelatihan yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap pertama itu bertujuan untuk menciptakan pemuda yang kreatif dalam mendukung pembangunan dan kemajuan desa.

“Selain aparatur desa, organisasi kepemudaan desa merupakan salah satu elemen pendukung dalam memajukan desa. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan pemuda akan lebih kreatif membuat kegiatan,” tuturnya.

BACA :  Pengidap Hidrosefalus Dapat Tali Asih

Kordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)  Provinsi Lampung Sutrisno sebagai pengisi materi menerangkan, pelatihan pemberdayaan kepemudaan ini lebih ditekankan kepada pemuda untuk lebih kreatif.

“Kebanyakan presepsi masyarakat kegiatan kepemudaan hanya sebatas di bidang olahraga. Maka dari itu dalam pemerdayaan ini pemuda atau Karangtaruna Desa Bumiasri diajari agar lebih kreatif untuk membuat kegiatan,” tuturnya.

Sutrisno menambahkan konomi keratif yang dapat dikembangkan pemuda Desa Bumiasri yaitu dibidang pertanian dan peternakan. “Salah potensi yang dapat dikembangkan oleh karangtaruna dalam membangun ekonomi kreatif dibidang pertanian seperti budidaya jamur atau beternak ikan. Jadi pendapatan karangtaruna tidak hanya hanya berasal dari satu sumber yaitu, proposal, “ucapnya.

BACA :  Dua Kali Panen, Harga Jagung tak Juga Naik

Sementara itu Camat Palas Rika Wati, S.STP, MM berharap dengan adanya pelatihan tersebut diharapakan organisasi kepemudaan seperti karangtaruna bisa menciptakan industri kreatif dan melahirkan lapangan kerja.

“Kami sangat mendukung dengan adanya pelatihan kepemudaan tersebut. Harapa saya kegiatan tesebut dapat mebuka lapangan kerja pemuda Desa dan menjadi sumber pendapatan desa,” harapnya. (Cw1)