DPKH Lamsel Minta Tambah Bantuan Sapi

527

KALIANDA – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Lampung Selatan terus membangun dunia peternakan dikabupaten ini, khususnya dalam pengembangan ternak sapi melalui pola Inseminasi Buatan (IB).

Beberapa bulan yang lalu, Tim Indonesia-Australia Commercial Cattle Breeding (IACCB) memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Lampung Selatan untuk mengembangkan ternak sapi melalui pola Inseminasi Buatan (IB) dengan memberikan bantuan sebanyak 108 ekor sapi jenis brahman cross untuk dikembang melalui kelompok peternak sapi Maju Bersama di Kecamatan Tanjung Sari, Lampung Selatan.

Berkat adanya upaya dan kerjakeras yang dilakukan para kelompok peternak, kini keberadaan sapi brahman cross tersebut  telah berkembang biak. Pada akhirnya Tim IACCB menyatakan bahwa Kabupaten Lampung Selatan telah berhasil mengembangkan peternakan sapi melalui pola IB tersebut.

BACA :  Nanang Sampaikan Ranperda APBD-P 2020

“Saat ini jumlah sapi bantuan telah bertambah mulai dari lahiran sapi anak pertama sebanyak 87 ekor dari jumlah induk sebanyak 98 ekor dan pejantan 6 ekor. Lalu kelahiran anak sapi tahap ke dua sebanyak 15 ekor, dan yang masih dalam satus bunting tahap ke dua sebanyak 78 ekor. Artinya upaya yang dilakukan selama ini tidak sia-sia,” ujar kepala DPKH Lamsel drh. Arsyad Husein kepada Radar Lamsel di Kalianda, Rabu (12/9) kemarin.

Arsyad berharap, dengan adanya keberhasilan tersebut pihak IACCB bisa kembali memberikan bantuan sapi dengan jenis yang sama (brahman cross, red) dengan jumlah yang lebih banyak lagi. “Harapanya bantuan yang diberikan minimal untuk satu peternak itu sepuluh ekor sapi. Sebab bantuan yang diberikan waktu lalu, itu kami rasakan masih sangat minim yakni 1 ekor untuk satu kelompok peternak,” ungkapnya.

BACA :  Komisi II Kaget SPBN Nunggak Retribusi 2 Tahun

Dia menjelaskan, bantuan sapi jenis brahman cross yang diberikan oleh pihak Autralia, sebagai upaya untuk peningkatan hasil peternakan di Lampung Selatan melalui bibit unggul melalui pola inseminasi buatan. Menurutnya, pemberian bantuan ini juga untuk menambah populasi sapi jenis brahman cross di kabupaten Lamsel agar dapat terus berkembang.

“Dengan diberikannya bantuan bibit unggul sapi brahman croos,  kita harapkan bisa memberikan dampak positif bagi para kelompok tani. Khususnya dalam hal peningkatan populasi sapi jenis brahman cross ini di wilayah kabupaten Lampung Selatan,” pungkasnya. (iwn)