DPMD Kumpulkan Hasil Realisasi DD 2018

233
Veridial – DPMD Lamsel melakukan monitoring realisasi Dana Desa (DD) 2018 ke Desa Titiwangi Kecamatan Candipuro, Jum’at (25/1).

KALIANDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lampung Selatan sedang menggencarkan monitoring realisasi Dana Desa (DD) 2018.

Monitoring yang condong ke pembinaan terhadap 256 desa di Lamsel itu bertujuan untuk mengetahui sejauh apa efek domino DD bagi masyarakat desa.

Plt. Kepala Dinas PMD Lamsel Burhanuddin mengatakan, jajarannya masih terus melakukan monitoring di 17 kecamatan se-Lampung Selatan.

“ Sejauh ini masih terus dimonitor, kami tekankan kepada jajaran untuk melakukan pembinaan bilamana terdapat evaluasi dari monitoring tersebut,” kata Burhanuddin kepada Radar Lamsel, Minggu (27/1).

Dijelaskan, setelah hasil monitoring tersebut terhimpun maka proses selanjutnya yang mesti disiapkan oleh desa adalah pengajuan proposal DD 2019. Karenanya dari pantauan yang dilakukan dilapangan DPMD, kata dia, menyarankan desa untuk melengkapi apabila ditemukan kekurangan.

BACA :  Esti Nur Fathonah Beri Petunjuk

“ Kalau yang di monitoring ini kan sebetulnya hasil dari pada realisasi DD, baik itu secara fisik maupun secara administratif. Apakah sudah seusai aturan yang berlaku atau tidak,” sebut dia.

Kendati begitu, orang nomor satu di DPMD ini belum dapat merinci berapa desa dari 256 desa yang sudah selesai dimonitoring oleh jajarannya.

“ Kita belum merinci, karena masih dihimpun oleh tim. Ranah DPMD sebatas melakukan pembinaan. Untuk tindak lanjutnya apabila ditemukan kekurangan itu merupakan ranah inspektorat,” pungkasnya.

Salah satu kecamatan yang sudah dimonitoring DPMD Lamsel adalah Kecamatan Candipuro. Disana, jajaran DPMD terjun dari pagi hingga sore hari menyasar 14 desa.

Kepala Desa KaryaMulyasari Warno mengatakan, desanya menjadi desa terakhir yang dimonitoring DPMD untuk wilayah Candipuro.  “ Jum’at (25/1) sore DPMD baru sampai ke desa, monitoring yang dilakukan cenderung pada pembinaan. Pembinaan dari segi adminstratif,” kata Warno.

BACA :  Nanang Promosikan UMKM Kolase ke Direktur Utama ASDP

Sementara di Desa Titiwangi Kecamatan Candipuro, selain memeriksa adminstrasi DPMD juga melakukan pantauan pengerjaan fisik ke tiap dusun guna melihat hasil realisasi DD tahap ketiga 2018 lalu.

Terpisah, Kepala Seksi Pengelolaan Keuangan Desa (DPMD) Lamsel M. Iqbal Fuadin mengatakan hingga Minggu (27/1) pihaknya masih terjun ke desa-desa kendati dihari libur.

“ Sejauh ini belum kami masih menghimpun rincian jumlah desa yang sudah dimonitoring terkait pelaksanaan DD dan ADD 2018,” kata Iqbal yang ketika dihubungi tengah melakukan pantauan di Kecamatan Jatiagung.(ver)

BAGIKAN