DPMD Pastikan Tidak Ada Masalah

323
Kemas Yogi - Tim Monev Dinas PMD Lampung Selatan saat melakukan monitoring penggunaan DD di Desa Rulung Mulya, Kecamatan Natar, Senin (28/1).

Monev Realisasi DD Tahun 2018 di Kecamatan Natar

NATAR – Penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2018 di 26 desa se- Kecamatan Natar mulai dimonitoring dan dievaluasi (Monev) oleh Pemkab Lamsel melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Senin (28/1) kemarin.

DPMD Pemkab Lamsel membagi tiga tim untuk melaksanakan Monev 26 desa yang ada di Kecamatan Natar.

Dari hasil Monev penggunaan DD tahun 2018 di 26 desa se-Kecamatan Natar, DPMD memastikan berjalan sesuai dengan petunjuk tekhnis (Juknis) dan petunjuk pelaksana (Jiklak). Hal itu disampaikan Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas PMD Khairul kepada Radar Lamsel usai melakukan Monev di Kecamatan Natar, kemarin.

BACA :  Kewaspadaan Memudar, Sosialisasi Dikencangkan!

Menurut Khairul, tim yang disebar tersebut akan turun langsung kedesa-desa untuk mengecek sevara langsung pelaksanaan pembangunan secara fisik dan pemeriksaan secara adminitrasi. “Kami bagi tiga tim untuk melaksanakan monev di desa-desa karena jumlah dan lokasi desa yang cukup banyak dan luas. Dan hasilnya, Alhamdulillah semuanya baik. Tim mengecek langsung pembangunan didesa-desa dan administrasinya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Natar Edy Swaspodo menyatakan dukungannya terhadap tim monev yang turun kedesa-desa. Menurutnya, monev yang dilaksanakan tim Dinas PMD itu akan memberikan kontrol bagi pemerintah desa tentang hal-hal yang sudah dilaksanakan sepanjang tahun 2018.  

BACA :  Nanang Janji Support Pelaku UMKM

“Saya mendukung monev ini, selain memang tugas beliau baik dari kecamatan maupun PMD kabupaten, tentunya kinerja kami selaku pamong dapat terkontrol kalaupun ada kekurangannya kami bisa membenahi. Namanya manusia tak luput dari salah dan lupa,” ungkapnya.

Disisi lain, Camat Natar Koharudin menjelaskan, monev memang harus rutin dilakukan agar penggunaan DD tidak disalahgunakan. “Monev sangat penting untuk mengontrol penggunaan Dana Desa, harusnya memang dirutinkan,” pungkasnya. (CW1)