DTPHP Siap Bagikan 3.200 Batang Bibit KPK

501

KALIANDA – Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Lampung Selatan tahun ini akan kembali melakukan pengembangan Kelapa Puan Kalianda (KPK).

Untuk suksesnya pengembangan salah satu produk unggulan Lampung Selatan dari bidang perkebunan tersebut, DTPHP saat ini tengah melakukan penangkaran benih KPK sebagai persiapan untuk program pemberian bibit KPK kepada masyarakat di tahun 2018.

“Ada sekitar 3.200 batang bibit KPK yang saat ini tengah kami siapakan untuk dibagikan kepada masyarakat diseluruh kecamatan. Pengadaan bibit KPK tersebut dibiayai oleh Kementerian Pertanian sebanyak 2.800 batang dan APBD kabupaten sebanyak 400 batang,” ujar Kabid Perkebunan Zulvina Ratnasari mewakili Plt. Kepala DTPHP Lamsel Fuadi, SP kepada Radar Lamsel saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (7/2) kemarin.

BACA :  PGRI Lamsel Solid di Konkernas PB PGRI

Zulvina mengungkapkan, selain menyiapkan bibit KPK, DTPHP juga tengah menyiapkan kebun induk untuk pembibitan KPK seluas lima hektare yang berlokasi di Desa Suak, Kecamatan Sidomulyo.

BACA :  Instruksi Pusat: Ceriwislah Bawaslu!

Menurutnya, pengembangan KPK yang dilakukan DTPHP Lamsel menindaklnjuti SK Menteri Pertanian tentang varietas KPK sebagai bibit unggul nasional.

“Dengan telah dikeluarkannya SK Mentan tersebut, maka Kabupaten Lamsel berkewajiban untuk menyiapkan bibit KPK yang sudah disahkan sebagai salah satu varietas bibit unggul nasional. Kami (DTPHP Lamsel, red) sangat berharap produk unggulan Lamsel ini bisa dilirik oleh daerah lain yang juga ingin mengembangkan KPK,” harapnya. (iwn)

BAGIKAN