Dua Ribu Goweser Terlibat di Lampung Bersepeda

67
Iwan J Sastra – Plt. Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto melepas peserta Lampung Bersepeda ke-23, di Lapangan Korpri Pemkab Lamsel, Minggu (15/9) pagi kemarin.

KALIANDA – Ribuan pesepeda dari 180 komunitas goweser Se- Provinsi Lampung mengikuti acara Lampung Bersepeda ke- 23 tahun 2019 yang dipusatkan di Lapangan Korpri Pemkab lampung Selatan, Minggu (15/9) pagi kemarin.

Kegiatan bersepeda yang mengusung tema “Kayuh Kemuakhian Goweser Butiran Debu” ini digelar oleh komunitas sepeda Kayuh Jejama Way Handak (KAJAWAH) Lampung Selatan, dengan menempuh jarak sepanjang sekitar 20 kilometer. Start dan Finish di Lapangan Korpri Kalianda, Pemkab Lampung Selatan.

Koordinator Lampung Bersepeda Babeh Rudi Suryadi dalam  mengatakan, kegiatan Lampung bersepeda yang dilaksankan setiap tiga bulan sekali ini, bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar komunitas sepeda yang ada di provinsi Lampung, sekaligus memasyarakatkan olahraga sepeda.

“Kegiatan ini kami adakan setiap tiga bulan sekali. Selain bersepeda kami juga melakukan berbagai kegiatan sosial, seperti yang dilaksanakan pada hari ini yaitu melakukan penanaman bibit pohon di pinggiran pantai Kedu warna Kalianda. Kegiatan ini intinya untuk membangun kebersamaan, artinya siapa pun kita , berapapun usia kita, kalau sudah diatas sepada, kita semua sama,” ujar Babeh Rudi.

BACA :  Lamsel 2 PDP, Kadiskes Membisu

Pada kesempatan itu, Plt. Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto  berpesan, kegiatan Lampung Bersepeda agar bisa terus dilaksankan secara rutin. “Saya berharap kegiatan ini bisa terus dilanjutkan. Karena, selain bisa menjadi wahana untuk pelopor keselamatan dalam berkendara, kegiatan bersepeda ini juga bisa mengajak masyarakat untuk membudayakan olahraga, khususnya olahraga bersepeda,” harapnya.

Ketua Pelaksana kegiatan Lampung Bersepeda bersama Kajawah Raden Anom mengatakan, tujuan digelarnya event tersebut selain untuk memasyarakatkan olahraga bersepeda, juga sebagai upaya mendukung pemerintah kabupaten Lampung Selatan dalam mempromosikan dunia pariwisata yang ada diwilayah kabupaten gerbang krakatau ini.

BACA :  Hari Ini Tes Pamungkas Calon Sekda Lamsel

“Kegiatan ini intinya untuk memasyarakatkan olahraga sepeda kepada warga Lamsel khususnya di Kota Kalianda, sekaligus promosi wisata Lamsel. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini kami selaku panitia membuat rute untuk peserta dengan melintasi sejumlah spot wisata yang ada diwilayah Kecamatan Kalianda seperti wisata air panas way belerang, kawasan wisata kuliner dermaga bom, dan pantai kedu Kalianda,” kata Raden Anom yang juga diamini oleh Eric Reza, wakil ketua pelaksana kegiatan Lampung Bersepeda ke 23. (iwn)