Dua Siswa SMANSAKA Ikut Pertukaran Pelajar

1121
Idho Mai Saputra – Kepala SMA N 1 Kalianda M. Nurdin bersama dua siswanya yang ikut pertukaran pelajar nusantara, Sabtu (19/12).

KALIANDA – Dua pelajar SMAN 1 Kalianda (SMANSAKA) mengikuti kegiatan pertukaran pelajar ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dalam Program Siswa Mengenal Nusantara 2015. Pertukaran pelajar itu secara langsung dilepas oleh Kepala SMANSAKA M. Nurdin, Sabtu (19/12).
Mereka yang diikutsertakan dalam program Kementerian BUMN dalam rangka peringatan 70 tahun Indonesia Merdeka itu, adalah Fitri Kurniwan dan Reza Novita Sari dari Kelas XI. IPA 2.
Muhammad Nurdin mengungkapkan, program siswa mengenal nusantara ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dalam rangka peringatan 70 tahun Indonesia Merdeka yang digelar di 34 provinsi seluruh Indonesia.
“Siswa kami berhasil lolos dalam seleksi pertukaran pelajar ke Provinsi Sumatera Utara sebagai wakil dari Kabupaten Lamsel. Tentu kami sangat bangga atas prestasi ini,”ungkap M. Nurdin usai pelepasan.
Program Siswa Mengenal Nusantara, tambahnya, memiliki tujuan untuk lebih mengenalkan dan mendekatkan karakter dan budaya Indonesia kepada para generasi muda. Intinya, supaya anak-anak muda bisa lebih memahami makna Bhinneka Tunggal Ika, tidak hanya sekadar sebagai sebuah semboyan bangsa.
“Mereka akan mengikuti kegiatan pertukaran pelajar di Provinsi Sumatera Utara selama 2 (dua) minggu. Yang dimulai dari tanggal 19 Desember 2015 hingga 3 Januari 2016, mendatang”imbuhnya.
Dalan ajang kegiatan tersebut, lanjutnya, kedua siswa tersebut akan melaksanakan tugas yakni menyampaikan seputar kebudayaan yang ada di Kabupaten Khagom Mufakat ini.
“Begitu pula sebaliknya, mereka akan melihat secara langsung tentang kebudayaan yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Dari jauh hari mereka telah diberikan pembekalan tentang wawasan kebudayaan oleh para guru pembimbing di sekolah ini. Baik itu soal adat budaya maupun kesenian daerah Lampung,”pungkasnya. (idh)