Duh… Air Comberan Meluap di Pasar Inpres

17
Idho Mai Saputra – Drainase tersumbat mengakibatkan luapan air yang menambah kesan kumuh kawasan Pasar Inpres Kalianda.

KALIANDA – Tumpukan sampah diduga menjadi penyebab luapan air dari drainase di bilangan Jalan Kesuma Bangsa Kalianda, menjadi keluhan warga. Pasalnya, titik lokasi saluran air itu berada di kawasan Pasar Inpres sehingga menambah kesan kumuh di pasar kebanggaan warga Kalianda ini.

Sekretaris DPD KNPI Lamsel, Mahruddin Alihasan sangat menyayangkan kondisi tersebut. Sebab, luapan air kotor dari saluran air itu meluap ke jalan masuk Pasar Inpres.

“Jelas permasalahannya karena sampah yang menyumbat. Dibiarkan menumpuk lama kelamaan saluran airnya pampat. Jadi air comberan ini keluar meluap ke jalan dan becek,” ungkap Mahruddin, Senin (3/5) kemarin.

BACA :  Vaksinasi Hanya Sentuh 2,7 Persen Warga Lamsel

Dia berharap, Dinas Perdagangan dan Pasar segera ambil tindakan atas kondisi yang terjadi. Sebab, jika dibiarkan berlarut maka luapan air dikhawatirkan menjadi banyak dan menjadi penyebab banjir.

“Ini harus segera ditangani. Karena lokasinya dekat pasar dan banyak warung pedagang disini. Apalagi pedagang juga setiap hari dimintai uang salar sebagai kontribusi mereka untuk pemerintah daerah. Jangan dibiarkan dan menambah kesan kumuh kawasan Pasar Inpres Kalianda,” tutupnya.

BACA :  Pandemi Tantangan Swasembada Gizi

Sementar itu, Kepala UPT Pasar Inpres Kalianda, Ella Agustin menyatakan, permasalahan tersebut bukan menjadi urusan Dinas Perdagangan dan Pasar. Sebab, dalam hal persampahan kewenangannya berada pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Coba ditanya dengan dinas yang terkait untuk masalah sampah atau infrastruktur drainase ini. Bagaimana langkahnya yang terbaik. Kalau kami disini kewenangannya di bidang perdagangan dan pasar saja. Kan memang mereka membayar iuran sampah juga,” pungkasnya. (idh)