Ehem.. ’Lampu Hijau’ Thamrin Definitif Sekkab

56

KALIANDA – Sosok pejabat kriteria Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto pada posisi definitif Sekretaris Kabupaten (Sekkab) dilontarkan dalam prosesi pelantikan Kepala OPD yang di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, Selasa (21/1) kemarin.

Penjabat (Pj) Sekkab Lamsel Thamrin, S.Sos bisa dibilang kandidat terkuat untuk duduk diposisi tersebut. Sebab, berkali-kali Nanang mengisyaratkan bakal mendefinitifkan jabatan pimpinan tertinggi di jajaran birokrasi itu kepada Mantan Sekretaris KPU Lamsel ini.

“Kalau saya boleh melantik sesuka hati saya, Pak Thamrin bisa langsung ikut kita definitifkan jadi Sekda. Tapi, kita tetap wajib mematuhi aturan undang-undang yang berlaku di negara kita,” ungkap Nanang saat menyampaikan sambutannya.

Ketika dikonfirmasi usai pelantikan mengenai hal tersebut, politisi PDIP ini tidak menampik hal tersebut. Menurutnya, Thamrin dianggap cocok dan mumpuni untuk menjabat pada posisi tersebut.

BACA :  Mulai Dibahas di Kementerian, Natar Masuk RDTR Perkotaan di Lamsel

“Ya harus optimis. Buat apa kita cari orang dari luar Pemkab Lamsel. Toh disini saja banyak pejabat yang hebat dan memiliki kemampuan. Orang lokal-lokal saja saya yakin bisa ditempatkan diposisi Sekda,” kata Nanang kepada Radar Lamsel.

Meski demikian, lanjutnya, berbagai tahapan yang menjadi syarat wajib untuk menempati posisi tersebut harus dipenuhi. Bahkan, dia memastikan saat ini tahapan lelang terbuka jabatan Sekkab Lamsel tengah dipersiapkan.

“Tapi semua itu ada tahapan-tahapan nya. Sabar dan tunggu. Sekarang kan lagi dipersiapkan untuk membuka lelang jabatan Sekda ini oleh BKD,” tutupnya sambil berlalu.

Namun sayangnya, Thamrin enggan berkomentar terkait hal tersebut. Padahal, ‘lampu hijau’ atau restu yang diisyaratkan Plt Bupati Nanang Ermanto mengarah kepada dirinya. “Hust… jangan terlalu jauh pembahasannya,” kata Thamrin sambil melempar tawa mengalihkan perbincangan.

BACA :  Karangan Bunga Berujung Prasangka

Sementara itu, Kepala BKD Lamsel Puji Sukanto membenarkan, jika saat ini berbagai persiapan tengah dilakukan untuk menggelar lelang terbuka untuk mengisi jabatan definitif Sekkab Lamsel. Dia memastikan, posisi Bupati yang berstatus Plt tidak menjadi penghalang dalam prosesi tersebut.

“Ya sedang dipersiapkan segala sesuatunya. Tidak jadi masalah hal itu selama kita mendapat persetujuan dari KASN dan Mendagri untuk menggelar lelang Sekda. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan kita buka setelah semuanya siap,” kata Puji.

Namun, dia memastikan lelang jabatan tersebut hanya untuk posisi Sekkab. Meskipun, saat ini pada posisi Kepala Dinas Pendidikan juga dijabat oleh Plt. “Tidak barengan. Kita lelang yang Sekda dulu,” pungkasnya. (idh)

BAGIKAN