Empat Desa Verifikasi ODF

151
Ist. Radarlamsel – Tim verifikator ODF Lampung selatan saat melakukan verifikasi ODF di Desa Baliagung, Kecamatan Palas, Kamis (12/9).

PALAS – Empat desa di wilayah barat, Kecamatan Palas akhirnya diverifiksi Open Difecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan, Kamis (12/9).

          Keempat desa telah terverifikasi ODF tersebut yakni, Desa Baliagung, Kalirejo, Bumiasih, dan Desa Pulaujaya. Jika empat desa tersebut lolos dari verifikasi artinya di wilayah barat masih terdapat dua desa lagi yang belum ODF yakni, Desa Bumidaya dan Bumirestu.

          Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskes Rawat Inap Bumidaya, Herman mengamini, bahwa empat desa tersebut telah telah diverifikasi ODF oleh tim verifikator ODF Lampung Selatan.

          “Iya, hari ini Desa Baliagung, Kalirejo, Bumiasih, dan Pulaujaya sudah diverifikasi oleh tim verifikator Dinas Kesahatan dan Pemeberdayaan Masyarakat Desa,” ujar Herman kepada Radar Lamsel.

          Herman menerangkan, untuk delapan desa di wilayah barat hingga saat ini baru dua desa yang telah mendapatkan sertifikat ODF yakni, Desa Bumiasri dan Tanjungjaya. Sementara yang masih dalam proses penyelesaian program ODF yakni, Desa Bumirestu dan Desa Bumidaya.

BACA :  Bantuan Unggas Disalurkan Pekan Depan

          “Kalau empat desa ini lolos verifikasi. Artinya yang masih menjadi tugas untuk diselesaikan tahun ini masih dua desa lagi. Yaitu, Bumirestu dan Bumidaya,” ungkapnya.

BACA :  TKSK: Desa di Palas Minim Program Sosial

          Lebih lanjut, Herman menjelaskan, khusus untuk Desa Bumirestu hingga saat ini masih terdapat 700 rumah yang belum memiliki jamban sehat. Sementara pemerintah desa setempat ditahun ini hanya menganggarkan 274 rumah.

          Meski begitu, pihaknya akan menargetkan Desa Bumirestu mendapat sertifikasi ODF sebelum November, dengan memberikan pendampingan langsung kepada masyarakat yang belum memiliki jamban sehat.

          “Yang menjadi PR kita Desa Bumirestu karena masih 700 rumah lagi. Namun akan kami genjot dengan memberikan pendampingan langsung kepada masyarakat. Karena November mendatang Lampung Selatan akan deklarasi sebagai kabupaten  ODF,” pungkasnya. (vid)