Enam Napi di LP Kalianda Positif Narkoba

1666
Idho Mai Saputra – Kepala BNNK Lamsel Ariyadi, SE dan Wakapolres Lamsel Kompol Sastra Budi mengawasi jalannya tes urine dan razia di LP Kelas IIA Kalianda, kemarin petang.

KALIANDA – Enam dari 11 orang warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas II A Kalianda dinyatakan positif sebagai pengguna narkotika dan obat-obatan.
Itu setelah tim gabungan dari BNNK Lamsel bersama dengan aparat kepolisian Polres Lamsel serta TNI Kodim 0421 Lamsel menggelar razia dalam rangka bersih narkoba ‘Bersinar 2016’, di LP setempat, kemarin sore.
Setidaknya ratusan aparat kepolisian dari berbagai satuan ikut bergabung dalam razia tersebut. Bahkan, selain melakukan tes urine, petugas juga menggeledah dua blok tahanan narkoba.
Selain ditemukan positif narkoba, petugas juga berhasil mengamankan bekas alat hisap disalah satu blok tahanan. “Ini kami lakukan sebagai langkah menghentikan peredaran narkoba di dalam LP sendiri,”kata Kepala BNN Kabupaten Lamsel Ariyadi, SE disela kegiatan.
Menurutnya, 11 warga binaan yang periksa dipilih secara acak dari blok khusus narkoba yang terdiri dari beberapa kamar. Setelah itu, mereka langsung digeladah sampai dengan seluruh isi kamar tahanan.
“Sejauh ini kita tidak menemukan barang bukti narkoba. Tetapi, kalau yang dinyatakan positif kami serahkan kepada pihak kepolisian,”tutupnya.
Sementara itu, Wakapolres Lamsel Kompol Sastra Budi menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari operasi bersinar. Diharapkannya, para warga binaan sudah tidak terlibat dalam peredaran narkoba.
“Kita sudah geledah baik kamar maupun personal masing-masing narapidana. Mereka khusus di blok narkoba A dan B,”kata Sastra Budi saat diwawancarai usai razia.
Pihaknya mengaku akan melakukan pengembangan terkait dengan hasil razia tersebut. “Kita akan melakukan pengembangan. Lalu, akan kami koordinasi dengan pihak LP untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Grafik DBD Diprediksi Menurun April