Galeri Coklat Dukung Pengembangan Hortipark Pesawaran

144
ILUSTRASI
GEDONGTATAAN – Guna mendukung agrowisata hortipark di jalan baru Desa Negerisakti, Gedongtataan, pemerintah daerah Kabupaten Pesawaran mendapatkan bantuan gedung galeri coklat dari pemerintah pusat yang bersumber dari APBN.
“Untuk  galeri coklat yang bersumber dari DAK akan dibangun pada 2020 ini,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pesawaran, Sam Herman, kemarin.
Selain galeri coklat, pemerintah pusat juga memberikan bantuan untuk pembangunan gudang coklat serta mesin dengan total sekitar Rp 3,4 miliar. Dimana galeri, gudang dan mesin bantuan dari pemerintah pusat itu selain mendukung hortipark, juga sebagai penunjang pabrik mini kakao di kawasan Hortipark tersebut.
“Berbagai produk olahan coklat nanti akan ditempatkan di galeri coklat itu. Insya Allah awal 2020 pembangunan sudah dimulai,” ujarnya.
Dengan adanya pabrik mini kakao, gudang kakao, mesin dan galeri kakao/coklat lanjut mantan Staf Ahli Bupati Pesawaran bidang Ekonomi ini dimaksudkan agar adanya proses pengolahan kakao dari hulu ke hilir. Pasalnya, dari Dinas Pertanian sendiri menyiapkan demplot tanaman kakao di kawasan hortipark tersebut.
“Artinya mulai dari pembibitan, kebun kakao, pengolahan kakao dari bahan setengah jadi hingga bahan jadi seperti bubuk coklat, coklat kahut tersedia. Sehingga hortipark bisa dijadikan sebagai wisata edukasi bagi masyarakat Lampung khususnya Pesawaran,” pungkasnya. (Esn)
BACA :  Dendi : Nomor 2 Bermakna Berdua dan Dua Arah