Gandeng FKUB dan Cek Kondisi Masjid Agung

103

Persiapan Pemkab Lamsel Tatap New Normal

KALIANDA-Demi terus menciptakan kondisi Lampung Selatan tetap dalam keadaan yang aman dan kondusif untuk mempersiapkan penerapan New Normal.

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mengadakan rapat bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Senin Sore (8/6/2020), dalam rangka membahas dan meminta masukan dan saran serta mengajak untuk ikutserta mensosialisasikan persiapan penerapan New Normal terutama di tempat-tempat Ibadah bagi umat beragama yang ada di Lampung Selatan.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dengan di dampingi Sekertaris Daerah Pemkab Lamsel Thamrin S.Sos, mengatakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona saat melaksanakan ibadah di rumah ibadah, jangan sampai mengabaikan SOP Protokol Kesehatan.

“Ini semua demi melindungi masyarakat kita agar tetap terlindungi dari Covid-19 saat menjalankan ibadah di tempat ibadah, dan bisa tetap beribadah dengan khusyuk, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan” ucap Nanang

Dikatakan Nanang Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan siap menuju new normal jika perkembangan pasien positif Covid-19 saat ini menunjukkan perkembangan yang bagus dan sudah banyak yang sembuh, sedangkan saat ini menurut data dari Dinas Kesehatan untuk Lampung Selatan sendiri masih masuk dalam kategori zona kuning jadi belum aman, mengingat masih ada beberapa pasien yang belum diketahui hasil test nya.

BACA :  Gerindra Dirayu Poros Baru, Nanang Kumpulkan Para Mantan

Sementra itu ketua FKUB Kabupaten Lampung Selatan Ketua FKUB Lamsel Dr. KH. A Rafiq Udin, S.Ag.,M.Si mengakui kerukunan antar umat beragama di Lampung Selatan berada dalam keadaan aman dan kondusif.

“Seperti yang kita lihat sejauh ini, selama pandemi Covid 19 tidak ada gejolak antar umat beragama semuanya mematuhi himbauan pemerintah,” ucapnya.

Terkait dalam hal persiapan penerapan New Normal kami FKUB Lampung Selatan bersama-sama dengan pemerintah siap untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menjalankan peribadatan keagamaan yang mana akan di buka nya kembali tempat-tempat Ibadah untuk menjalankan Ibadah, diharapkan semua masyarakat bisa mematuhinya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Jangan sampai kita lengah menjelang new normal, karena bisa jadi disaat inilah fase berbahaya itu akan terjadi, kepada warga diminta untuk tetap berhati-hati dan tetap mematuhi semua protokol kesehatan.

Selain itu kami juga akan terus siap mendukung program-program pemerintah kedepan untuk kemajuan Lampung Selatan menjadi lebih baik,”pungkasnya.

Tak sampai disitu, Nanang Ermanto bersama Komandan Kodim 0421 Letkol (Kav). Robinson Octavianus Bessie dan Kapolres Lampung Selatan AKBP. Edi Purnomo lakukan inspeksi mendadak (Sidak) terkait kesiapan rumah ibadah menjelang New Normal di Masjid Agung Kalianda. Senin (8/6/2020).

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menanggapi serius terkait New Normal yang akan diterapkan oleh Pemerintah Pusat, hal tersebut ditunjukkan H. Nanang Ermanto selaku Bupati Lampung Selatan bersama jajaran forkopimda yang turun langsung untuk mengecek sarana dan prasarana di Masjid Agung Kalianda agar tetap memenuhi Standar Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah.

BACA :  KPU Bidik 77,5 Persen Partisipasi Pemilih

Hal tersebut ditunjukkan Nanang ketika melihat sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang dirasa letaknya kurang strategis, Nanang pun langsung meminta petugas Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) agar segera memindahkan ke area yang lebih mudah terlihat oleh pengunjung masjid.

“Kami bersama jajaran, Kodim dan Polres sedang memantau rumah ibadah dalam rangka menyongsong New Normal”, jelasnya saat diwawancarai sejumlah media di teras Masjid Agung Kalianda.

Nanang juga mengatakan menjelang New Normal sarana dan prasarana harus disiapkan sesuai dengan Standar Protokol Kesehatan, hal tersebut akan dilaksanakan diseluruh tempat ibadah di Lampung Selatan.

“Kami akan mengajak seluruh pengurus masjid dan rumah ibadah lainnya, terutama Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) kita bicarakan sore nanti”, kata Nanang.

“Jadi nanti, secara teknis akan kita bahas persyaratan apa saja yang kita perlukan untuk menjaga kesehatan terkait New Normal ini tentunya”, tutur Nanang

Nanang juga menegaskan, kedisiplinan masyarakat juga perlu diselaraskan dengan penerapan New Normal dan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan. (rls)