Geliat Pembangunan Desa Balinuraga

293
Kades Bali Nuraga Made Suwede

DD Tahap III Sambung Koneksi antar Dusun

WAYPANJI – Desa Balinuraga, Kecamatan Way Panji terus bergerak dibidang pembangunan. Gelontoran Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat dimanfaatkan untuk menyambung koneksi antar dusun dengan cara membenahi infrastruktur jalan.

Desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Way Panji itu telah merampungkan pembangunan jalan cor beton sepanjang 550 meter berkat kucuran DD tahap III tahun 2019.

Perlahan namun pasti, infrastruktur di wilayah yang berbatasan dengan Kecamatan Candipuro itu mulai dibenahi. Selain jalan, infrastruktur penunjang seperti drainase yang fungsinya menjaga ketahanan jalan juga telah dirampungkan di beberapa titik.

Kepala Desa Balinuraga Made Suwede mengatakan bahwa desanya melakukan pembangunan berlandaskan musyawarah terlebih dahulu dengan masyarakat setempat. Dari musyawarah itu keinginan memiliki jalan bagus mendominasi.

“ Berangkat dari musyawarah, kami membangun perbaikan infrastruktur menggunakan DD tahap III tahun ini. Total sudah 550 meter jalan cor beton rampung dibangun,” kata Made Suwede kepada Radar Lamsel, Selasa (26/11).

Praktis, gerakan pembangunan yang menggeliat di desa itu pelan-pelan memperlancar koneksi antar dusun. Dari situ saja, sudah tiga dusun tersambung koneksinya melalui jalan baru tersebut. Dua dusun itu adalah Dusun Sukanadi, Sukamulya dan Dusun Pande Arge.

“ Jalan itu menyambung ke tiga dusun. Dusun Sukamulya, Sukanadi dan Dusun Pande Arge. Tentu kami berharap manfaat dengan dibangunnya jalan tersebut. Kami juga berharap aset yang telah dibangun bisa digunakan dan dijaga oleh masyarakat. Karena kuncinya dari rakyat untuk rakyat,” ujar orang nomor satu di Balinuraga itu.

Sementara Camat Way Panji Isro Abdi menjelaskan geliat pembangunan di kecamatan yang dipimpinnya sudah mulai dirasakan masyarakat. Terlebih sejak periode Presiden Joko Widodo kata dia, desa tampak terbantu untuk maju dengan kehadiran Dana Desa.

“ Apa yang diinginkan pemerintah pusat mesti tersampaikan dan ditangkap oleh desa. Dengan begitu visi dan misi pembangunan dari pucuk ke bawah dapat diimplementasikan dengan baik ditengah masyarakat desa,” ucap Isro Abdi.

 

Made Suwede Usung Semangat Pembaharuan

Kepala Desa Balinuraga, Made Suwede memang belum lama menjabat sebagai orang nomor wahid di desa tersebut. Namun, dirinya memiliki semangat pembaharuan demi kemajuan desa tempatnya dibesarkan itu.

Kepada Radar Lamsel, Made Suwede mengatakan pembangunan didesanya sejatinya demi kemaslahatan masyarakat. Karena itu dalam setiap pekerjaan, aparatur desa tetap melibatkan masyarakat didalamnya.

“ Kita libatkan masyarakat dalam pengerjaannya. Karena memang begitulah tujuan Dana Desa. Memberdayakan masyarakat, manfaatnya pun untuk masyarakat. itu yang kami tanamkan di pemerintahan desa,” kata dia.

Kades yang belum lama dilantik oleh pemimpin kabupaten ini berharap apa yang telah dibangun menggunakan Dana Desa diharap mampu menjawab kebutuhan masyarakat luas. Salah satunya keberadaan infrastruktur penghubung dusun.

“ Memang tidak bisa sekaligus jalan-jalan desa diperbaiki. Tetapi dengan skala prioritas, pelan-pelan semua jalan yang masuk skala prioritas bisa direalisasikan dari periode ke periode berikutnya,” ucap Made Suwede.

Tak hanya masyarakat Balinuara yang ikut terlibat dalam pembangunan tersebut. Para tokoh tingkat kecamatan pun tampak sukarela memantau setiap gelaran pembangunan. Tampak Camat Way Panji, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas tak sungkan mendorong lory bermuatan bahan coran demi kokohnya jalan desa. (adv)