Generasi Muda Harus Jaga Ekosistem Laut

1470

TELUK PANDAN – Generasi muda Pesawaran harus memiliki tanggung jawab bersama elemen masyarakat lainnya untuk ikut menjaga dan melestarikan sumbet daya laut.
“Sektor kelautan memiliki nilai yang sangat berarti bagi kehidupan manusia, untuk itu, peran generasi muda sangat dibutuhkan dalam menjaga kelestarian ekosistem laut,” ujar Jauhari, salah seorang aktifis lingkungan hidup diwilayah Kecamatan Teluk Pandan, kemarin.
Sebagai wilayah kecamatan di Kabupaten Pesawaran yang memiliki wilayah kelautan, kata Jauhari, hendaknya para generasi muda dapat menjaga dan mengembangkan potensi kelautan secara berkelanjutan. Wilayah kelautan memegang peranan yang sangat berarti, di antaranya laut sebagai sebagai salah satu sumber daya yang dapat menopang perekonomian masyarakat.
“Wilayah laut yang berada di kecamatan ini juga merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar, baik dari hasil lautnya seperti ikan dan lainya, juga dari sektor pariwisata,” kata salah satu pengurus Kelompok Pelestari Hutan Mangrove ini.
Untuk itu, lanjut Jauhari, pendidikan dan pembinaan terhadap generasi muda harus dilakukan oleh pihak pihak terkait, agar para generasi muda dapat berperan serta dalam menjaga kelestarian sumber daya alam yang ada dilaut.
“Secara bersama-sama, kita harus menumbuhkembangkan semangat generasi muda untuk memahami bahwa laut memiliki sumber kehidupan yang tak ternilai harganya, baik dari segi ekonomi maupun untuk keberlangsungan hidup manusia,” imbuhnya.
Lebih jauh Jauhari menyampaikan, generasi muda merupakan tonggak terpenting dalam proses pembangunan diwilayahnya. Pemuda harus kembali mengambil peran, sehingga menjadi pijakan kukuh untuk langkah pembangunan selanjutnya.
“Generasi muda dapat diajak untuk bisa bekerja sama dalam mengembangkan potensi laut yang masih terlupakan. Generasi muda juga harus diberi pemahaman peradaban maritim dan potensi kelautan dalam peningkatan sumber daya ekonomi lewat pendidikan,” pungkasnya.(esn)