Giliran PSI Lamsel Divertual KPU

597

KALIANDA – KPU Lampung Selatan kembali melakukan verifikasi faktual (Vertual) partai politik calon peserta pemilu 2019. Kini giliran sekretariat DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Lamsel disambangi lembaga penyelenggara pemilu ini pada Selasa (19/12) kemarin.

LOGO_KPU_MELAYANIPantauan Radar Lamsel, sekitar pukul 10.00 WIB, tiga komisioner KPU yakni Mislamudin, Hendra Apriyansyah dan Hj. Titik Sutriningsih mendatangi sekretariat PSI di Perumahan Jati Indah, Kelurahan Wayurang, Kecamatan Kalianda. Mereka diawasi oleh Ketua Panwaslu Lamsel Khoirul Anam dan anggota Panwaslu Fakhrorrozi. “Iya. Hari ini (kemarin’red) giliran PSI kami vertual,” kata Komisioner KPU Lamsel Mislamudin kepada Radar Lamsel di Kalianda kemarin.

Menurut Mislamudin dokumen administrasi yang divertual KPU meliputi kepengurusan ditingkat kabupaten, kuota keterwakilan perempuan, surat keterangan domisili/sekretariat hingga rekening parpol.

“Hasilnya sudah memenuhi syarat untuk tingkat kabupaten. Selanjutnya kami akan cek anggota PSI yang ada di Lamsel. Sama halnya seperti anggota Partai Perindo,” ungkap Mislamudin lagi.

BACA :  Waspada Puncak Musim Hujan!

Sejauh ini, KPU Lampung Selatan memang hanya melakukan vertual terhadap dua parpol tersebut. Itu lantaran adanya aturan yang menyebutkan bahwa partai peserta pemilu 2014 tidak di verifikasi faktual.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Lamsel Khoirul Anam meminta agar PSI Lamsel dapat mensinkronkan data seakurat mungkin antara data ril dan data yang diupload kedalam sistem informasi partai politik (sipol). Hal ini dikarenakan adanya ketidakcocokan nama Ketua PSI Lamsel antara KTP dan data sipol.

“Jadi, yang tertulis di KTP itu ada yang miss huruf dengan data sipol. Ini harus segera mungkin diperbaiki. Selebihnya nggak ada persoalan dengan dokumen adminsitrasi PSI setelah divertual,” kata Anam sapaan akrab Khoirul Anam kepada Radar Lamsel kemarin.

Dibagian lain, Sekretaris DPD PSI Lamsel Yudi Suprayoga membenarkan adanya miss nama antara data sipol dan KTP terkait nama Ketua DPD PSI Lamsel Apriyansyah. Namun, ketidakcocokan itu langsung diperbaiki dengan menerbitkan surat keputusan yang disesuaikan dengan nama yang ada di KTP.

BACA :  Hutan Kota Kalianda Butuh Polesan

“Iya. Sudah diklarifikasi. Kami sudah menghubungi DPP untuk perbaikan. Dan sudah ada perbaikannya,” ungkap Yudi kepada Radar Lamsel melalui sambungan telepon tadi malam.

Yudi optismistis PSI Lamsel dengan pengurusnya yang merupakan anak-anak muda bisa lolos dalam tahapan vertual yang dilakukan KPU. Mereka adalah Ketua Apriyansyah, Sekretaris Yudi Suprayoga, Wakil Ketua Hendri Kastiawan, Wakil Sekretaris Dedi Indah Sari dan Bendahara Sisca Dewi Febrianti ini bisa lolos dalam tahapan vertual yang dilakukan KPU. “Kami optimistis. Kami akan ikuti semua tahapan dan prosesnya seperti apa,” ungkap Yudi. (edw)

BAGIKAN