Gubernur Dukung Kegiatan Peringatan Gugurnya Raden Intan II

806
Randi Pratama – Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo menghadiri acara peringatan gugurnya pahlawan nasional Raden Intan II di Lamban Balak, Desa Kuripan, Kecamatan Penengahan, Rabu (16/11).

PENENGAHAN – Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, M.Si menghadiri secara langsung puncak peringatan gugurnya pahlawan nasional Raden Intan II yang digelar di Lamban Balak, Desa Kuripan, Kecamatan Penengahan, Rabu (16/11).

Orang nomor satu di Provinsi Lampung ini disambut wakil Bupati  Lampung Selatan Nanang Ermanto dan sejumlah pejabat Pemkab Lamsel dan pemerintah kecamatan Penengahan.

Sebagai pemimpin Provinsi Lampung, Ridho Ficardo sangat mengapresiasi pelaksanaan acara peringatan gugurnya pahlawan nasional Raden Intan II. Dia mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung akan mendukung kegiatan seperti ini agar berjalan setiap tahun. “Kegiatan ini dapat kita jadikan sebagai kalender pariwisata Provinsi Lampung,” kata Ridho.

Terkait permintaan rehabilitasi terhadap Lamban Balak, Ridho akan berusaha mewujudkannya. “Atas permintaan rehabilitasi rumah Lamban Balak, Insyallah akan kami usahakan dengan tetap memperkuat bentuk asli dari Lamban Balak,” katanya.

BACA :  Teruntuk Kepsek, Thomas: Disiplin Harga Mati

Ridho mengaku kedatangannya ke Desa Kuripan adalah sebagai bentuk kekeluargaan karena merasa dekat seperti keluarga dekat. Menurutnya, itulah bingkai Sang Bumi Ruwa Jurai (rumah tangga dari dua garis keturunan’red) yang berarti rumah tangga yang agung dua kelompok garis keturunan yakni penduduk asli dan pendatang.

Ridho menyarankan kepada tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk membekali anak-anak dengan ilmu pelajaran dan ilmu agama. “Harapan saya dan keyakinan kita kepada anak-anak Lampung tidak terlepas dari jiwa pantang menyerah seperti pahlawan Raden Intan II. Percuma bila daerah kita maju, tapi anak-anak kita entah kemana. Kita jangan membuat Raden Intan II bersedih. Oleh karena itu, anak-anak harus mau maju dan bekerja menjadi pemimpin,” ujar Ridho.

Sementara Wakil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lamsel sangat mendukung acara peringatan gugurnya Pahlawan Nasional Raden Intan II.

BACA :  Lamsel Bersatu Dukung Soca LIDA

Menurutnya, kegiatan dan acara yang dilakukan sebagai bentuk warisan dan budaya yang perlu dilestarikan. “Pemerintah Kabupaten Lamsel sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan acara ini. Kita harus tunjukan bahwa ini budaya yang harus kita lestarikan,” ujar Nanang yang disambut tepuk tangan masyarakat.

Lebih jauh Nanang mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lamsel siap memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan setiap tahun seperti kegiatan yang berlangsung di Desa Kuripan. “Kami (Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan’red) siap memfasilitasi kegiatan seperti ini setiap tahun. Dari kegiatan ini, kita semua mengharapkan kepada para tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda agar bisa lebih peduli terhadap kegiatan-kegiatan seperti ini,” ujarnya. (rnd)

BAGIKAN